Preview Madrid vs Manchester City: Totalitas The Citizens

Latihan pemain Real Madrid jelang babak 16 besar Liga Champions/Real Madrid FC

FAJAR.CO.ID, MADRID—Real Madrid akan menjamu Manchester City di leg pertama babak 16 besar Liga Champions, dinihari nanti. Sanksi Liga Champions yang tengah membelenggu mereka membuat The Citizens akan menunjukkan totalitas mereka di Santiago Bernabeu.

Menyusul pelanggaran Financial Fair Play, Manchester City memang kemungkinan besar harus absen selama dua musim di Liga Champions. Makanya, meski klub masih berusaha untuk banding, Pep Guardiola dan anak asuhnya dipastikan akan habis-habisan agar bisa merengkuh gelar musim ini.

Masuk akal jika Pep melakukan upaya ekstra meraih trofi musim ini. Pasalnya, mereka saat ini memiliki kekuatan yang memang layak bersaing di jalur juara. Sebaliknya, jika banding mereka ditolak, kekuatan City dipastikan sudah tergerus ketika mereka kembali ke kompetisi Eropa.

Selain pemain yang merindukan trofi Liga Champions kemungkinan akan tergoda pindah klub, bintang-bintang mereka saat ini juga jelas sudah tidak pada momen terbaiknya. Termasuk top skor sepanjang masa mereka, Sergio Aguero yang ketika sanksi berakhir sudah akan berusia 34 tahun.

Bahkan, sang kapten, David Silva yang saat ini telah berusia 34 tahun dipastikan sudah tidak akan ada lagi dalam skuat. Sejak tahun lalu, ia sudah mengumumkan akan meninggalkan Etihad Stadium di akhir musim. Hal sama juga kemungkinan besar terjadi pada Fernandinho.

Karena itu, City yang satu dekade terakhir sudah menggelontorkan begitu banyak uang untuk berburu gelar Liga Champions akan mencoba memaksimalkan kesempatan “terakhir” ini. Dan upaya ekstra meraih trofi perdana mereka di Liga Champions akan dimulai di Bernabeu, dinihari nanti.  

Pep Guardiola sendiri sudah menggemakan ambisi juara ini. Pelatih berpapsor Spanyol itu menegaskan, mereka akan berjuang sampai akhir untuk meraih gelar. “Kami harus menunjukkan kepribadian kami. Semua klub ingin berjuang sampai akhir untuk gelar ini,” kata Pep di situs resmi City.

Mantan pelatih Barcelona itu tak peduli jika di fase knockout pertama ini harus berhadapan dengan Madrid. Menurutnya, kalau ingin juara, Manchester Biru memang harus siap menghadapi dan mengalahkan seluruh raksasa Eropa.

“Jika Anda ingin melakukan itu (juara), Anda harus menghadapi tim-tim ini cepat atau lambat. Anda harus mengalahkan Madrid, Anda harus mengalahkan Barcelona, Anda harus mengalahkan Bayern Munich,” tegasnya.

Untuk mengalahkan Madrid, Pep sudah menyiapkan tim terbaiknya. Termasuk Raheem Sterling. Sang winger yang sempat menepi beberapa pekan sudah kembali berlatih sejak pekan lalu namun Pep sengaja tidak memainkannya di markas Leicester City. “Kami ingin pertandingan melawan Madrid ini dan leg kedua ia bisa bermain.  Lebih baik tidak mengambil risiko,” jelas Pep.

Aguero juga sudah memberi isyarat akan mempertaruhkan seluruh kemampuannya untuk membantu City melewati adangan Madrid dan menjadi juara. “Tentu saja, saya akan sangat senang memenangkannya musim ini. Tetapi itu akan sulit,” kata bomber Argentina tersebut.

Pahlawan kemenangan 1-0 City, Gabriel Jesus menegaskan, duel kontra Madrid adalah pertandingan penting. Makanya, ia yakin Pep akan meramu taktik terbaik. “Semua pemain ingin memainkan laga seperti ini. Jadi saya pikir untuk Pep, akan gila untuk memutuskan susunan pemain,” jelas Jesus.

Di kubu Madrid, pelatih Zinedine Zidane sejak awal memperingatkan anak asuhnya akan motivasi besar City di babak 16 besar ini. “Bagaimanapun, ini adalah tim, yang akan menjadi lawan yang sulit. Mereka akan memiliki motivasi ekstra,” kata Zidane dikutip dari Daily Mail.

Karim Benzema sementara itu menegaskan, di luar kasus yang membelit City, ini memang akan jadi laga berat. “City adalah tim yang hebat dengan pelatih yang sangat baik. Ini akan menjadi persaingan yang setara. Rencana kami selalu menang. Kami akan menganalisis lawan, tetapi fokus utama kami adalah pada diri sendiri,” ujar Benzema di situs Madrid.

Madrid yang kalah 0-1 dari Levante dan kehilangan takhta La Liga, akhir pekan lalu sudah ditunggu Barcelona di laga beriktunya. Karena itu, sang kapten, Sergio Ramos sangat berharap bisa mengalahkan City. “Ini minggu ajaib. Ini minggu untuk menunjukkan langkah besar ke depan dengan mengalahkan City dan kemudian El Clasico,” tandasnya.

Los Blancos yang tidak bisa diperkuat Eden Hazard dan Marco Asensio unggul head to head atas City. Dalam empat pertemuan di Liga Champions, mereka tak terkalahkan. Termasuk menang sekali dan seri satu kali di semifinal musim 2015/2016. Tapi, pada duel terakhir di ajang pramusim 2017, City yang hanya kehilangan Leroy Sane menggasak Madrid dengan skor 4-1. (amr)

Prakiraan Pemain

Real Madrid (4-3-3): Courtois; Carvajal, Varane, Ramos, Mendy; Valverde, Casemiro, Kroos; Bale, Benzema, Isco

Manchester City (4-3-3): Ederson; Walker, Fernandinho, Laporte, Mendy; De Bruyne, Rodri, D. Silva; B. Silva, Aguero, Sterling

Head to head

27/07/17 Manchester City 4-1 Real Madrid
04/05/16 Real Madrid 1-0 Manchester City
26/04/16 Manchester City 0-0 Real Madrid
24/07/15 Manchester City 1-4 Real Madrid
21/11/12 Manchester City 1-1 Real Madrid
18/09/12 Real Madrid 3-2 Manchester City

Lima pertandingan terakhir Real Madrid

22/02/20 Levante 1-0 Real Madrid
16/02/20 Real Madrid 2-2 Celta Vigo
09/02/20 Osasuna 1-4 Real Madrid
06/02/20 Real Madrid 3-4 Real Sociedad
01/02/20 Real Madrid 1-0 Atletico Madrid

Lima pertandingan terakhir Manchester City
22/02/20 Leicester 0-1 Manchester City
19/02/20 Manchester City 2-0 West Ham
02/02/20 Tottenham 2-0 Manchester City
29/01/20 Manchester City 0-1 Manchester United
26/01/20 Manchester City 4-0 Fulham

KEY PLAYERS
REAL MADRID

Top skor
Karim Benzema: 4
Rodrygo: 4
Sergio Ramos: 2
Top assist
Marcelo: 3
Karim Benzema: 2
Rodrygo: 2

MANCHESTER CITY

Top skor
Raheem Sterling: 5
Gabriel Jesus: 4
Sergio Aguero: 2
Top assist
Riyad Mahrez: 4
Raheem Sterling: 2
Gabriel Jesus: 2

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Amir

Comment

Loading...