Setop! Seolah-olah Juara Sudah Diketahui Sebelum Liga 1 Bergulir

Shopee Liga 1 2020/Wikipedia/Screenshot

FAJAR.CO.ID, JAKARTA—Juara Liga Indonesia seringkali sudah menjadi topik pembicaraan pencinta bola sebelum bergulir. Beberapa klub disebut-sebut sengaja diproyeksikan untuk menjadi kampiun di musim berjalan.

PSSI dan pihak penyelenggara liga selama ini membantah hal itu. Namun, faktanya beberapa klub yang sudah disebut akan juara sejak awal musim pada akhirnya memang terkadang menjadi kampiun. Itu semakin mempertegas kecurigaan bahwa liga memang tidak dikelola secara profesional.

Direktur Operasional PT Liga Indonesia Baru, Sujarno mengakui fenomena ini. Makanya, menurut dia, musim ini menjadi ujian bagi mereka. Ia pun berharap hal tersebut sudah tidak lagi terjadi musim ini.

“Ini tantangan besar bagi kami, karena selama ini begitu jadwal liga diumumkan, seolah sudah diketahui siapa juara kompetisi pada musim yang akan berlangsung itu,” kata Sujarno seperti dikutip dari situs resmi PSSI.

Pandangan senada disampaikan anggota Executive Committee (Exco) PSSI, Ahmad Riyadh. Makanya, menurut Ketua Asprov PSSI Jatim itu, Satgas Anti Mafia Bola sangat dibutuhkan. “Kolaborasi PSSI dan Polri seperti ini sangat penting, sehingga tugas PSSI membenahi persepakbolaan Indonesia jadi lebih ringan,” kata Riyadh.

PSSI dipimpin Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengunjungi posko sekaligus menggelar rapat koordinasi dengan Satgas Anti Mafia Bola yang dipimpin Brigjen Polisi Hendro Pandowo di Polda Metro Jaya, Selasa kemarin.

Pertemuan ini juga dihadiri Sekjen PSSI Ratu Tisha Destria, Wasekjen Maaike Ira Puspita, anggota Executive Committee PSSI, Yunus Nusi dan Endri Erawan. Kerjasama dan komunikasi intensif antara PSSI dan Satgas Mafia Bola dinilai penting untuk mengubah citra buruk yang kerap melekat. (amr)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Amir

Comment

Loading...