Yakin Indonesia Mampu

Rabu, 26 Februari 2020 11:25

Oleh Syamsari Kitta, Bupati Takalar, Peserta International Visitor Leadership Program (IVLP), Amerika Serikat

FAJAR.CO.ID– Tidak terasa tiga pekan sudah kami berada di Amerika Serikat. Selama penghujung musim dingin, program IVLP telah membawa kami dari pantai timur, Washington DC, menuju negara bagian Pennsylvania, kemudian terbang melewati Ohio, Indiana, Illinois, hingga Kansas City di Missouri. Dari Kansas City, kami berpindah 1.350 km ke utara, lewat di antara Iowa dan Nebraska, kemudian tiba di North Dakota, di kota Minot. Sekitar 100 km ke utara adalah negeri tetangga, Kanada.

Selama tiga pekan itu, kami melihat bagaimana struktur dan tata kelola pemerintahan di AS, bagaimana hubungan antara pemerintah federal, negara bagian dan pemerintah lokal diatur. Dengan penduduknya yang berjumlah sekitar 330 juta orang, kami belajar banyak tentang bagaimana AS mengelola sumber daya manusia dan alamnya.

Tentu banyak hal yang bisa dikritisi dari AS sendiri. Misalnya, kecenderungan bangkitnya politik berdasarkan populisme. Masyarakat di seluruh dunia mungkin bisa mengecam tentang ini. Namun, perlu diakui cara AS menjunjung tinggi kebebasan berbicara, asal bisa dipertanggungjawabkan. Dengan begitu, pemerintah dikontrol dan rakyat dipandang memiliki hak yang sama untuk mengungkapkan pendapatnya.

Pertanyaannya, apakah negeri kita, Indonesia, bisa mencapai kemajuan seperti yang dicapai AS? Menurut pendapat kami, hal tersebut bukan hal yang mudah, namun bukan berarti pula sebagai hal yang mustahil. Kami meyakini bahwa Indonesia mampu meraih itu semua karena kita memiliki semua hal yang memungkinkan untuk maju, diantaranya:

Komentar