Yakin Indonesia Mampu

Rabu, 26 Februari 2020 11:25

Pertama, dari segi sumber daya manusia, Indonesia memiliki penduduk terbesar keempat di dunia. SDM sejumlah 280 juta jiwa ini adalah potensi yang luar biasa. Dari sisi ekonomi, jumlah sebesar itu adalah potensi tenaga kerja dan sekaligus sebagai pasar. Pekerjaan rumah utama kita adalah bagaimana meningkatkan kualitas dan daya saingnya. Ini bisa dicapai jika kita membangun sistem yang holistik untuk mendukungnya, dari sistem pendidikan hingga merancang UU yang pro rakyat.

Kedua, sumber daya alam, baik itu hasil pertanian maupun kandungan mineral. Perut bumi Indonesia mengandung minyak, timah, nikel, tembaga, bauksit, perak, emas dan gas alam dalam jumlah yang melimpah. Sejak dulu, kekayaan ini diperebutkan oleh berbagai bangsa. Kita belum bicara potensi laut, darat dan udara secara keseluruhan. Dalam jangka panjang, kita harus mewujudkan agar kekayaan ini dikelola oleh anak bangsa Indonesia sendiri dengan kompetensi level dunia. Namun bukan berarti kita menjadi anti bekerja sama dengan pihak luar. Tetap kita harus melakukan kolaborasi untuk kesejahteraan rakyat.

Ketiga, ilmu dan teknologi. Sebenarnya, tidak sedikit manusia Indonesia yang memiliki ‘nama’ dalam hal sains dan teknologi. Meski begitu, harus diakui bahwa menurut berbagai data, misalnya, kita hanya memiliki sekitar 45.000 orang doktor. India dan Cina masingmasing memiliki sekitar 600.000 doktor. Di AS sendiri, paling tidak ada 6 juta doktor. Implikasinya, SDM berkualitas dalam jumlah yang melimpah tersebut mendorong akselerasi pertumbuhan ekonomi.

Komentar


VIDEO TERKINI