Yakin Indonesia Mampu

Rabu, 26 Februari 2020 11:25

Keempat, kemampuan dalam pertahanan dan keamanan. Indonesia memiliki sejarah yang panjang dalam menghadapi penjajah hingga mempertahankan kemerdekaan dengan fighting spirit yang luar biasa. Bahkan Indonesia saat ini berada pada posisi ke-16 dari 137 negara yang terindeks menurut Global Fire Power dengan personil militer aktif sebanyak 400 ribu orang dan 400 ribu orang lainnya personil cadangan. Apalagi jika kemampuan ini dilengkapi dengan teknologi militer tercanggih.

Kelima, negara dengan penerapan demokrasi yang cukup baik. Indonesia adalah negara demokrasi terbesar ketiga di dunia, setelah India dan AS. Setelah runtuhnya Orde Baru, telah 22 tahun kita mencoba menegakkan demokrasi pasca Reformasi 1998. Meski terjadi pasang surut dalam penerapan demokrasi selama dua dekade tersebut, namun perlu diyakini bahwa kita telah berjalan menuju arah yang benar dalam menjamin kebebasan rakyat.

Paling tidak, lima hal inilah yang jika kita bertekad untuk menegakkannya, akan mengantarkan Indonesia sebagaimana cita-cita para proklamator kemerdekaan: rakyat yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur. Itulah kemajuan yang harus kita raih, dan sekali lagi kita harus meyakini bahwa Indonesia memiliki kemampuan untuk itu. (*/fajar)

Komentar


VIDEO TERKINI