Iqbal Suhaeb: Urusan Politik itu Cuma Lima Menit

Penjabat Walikota Makassar Iqbal Suhaeb.

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Penjabat Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb meminta para ASN terutama pejabat untuk menjaga netralitas. Dirinya tak ingin agenda Pilwalkot Makassar membuat gaduh pemerintahan.

“Politik untuk ASN hanya urusan lima menit. Dan wajib hukumnya ASN untuk netral,” ujarnya.

Kata Iqbal, ASN harus menjaga integritas. Persoalan politik jangan sampai membuat nama pemerintahan ikut tercoreng. Apalagi, jika sudah menggangu stabilitas pelayanan publik.

“Kita tak mau ada ASN yang mesti berurusan dengan hukum dan membahayakan masa depannya. Sudah banyak contoh yang kita lihat. Ini mestinya harus jadi peringatan,” terangnya.

Soal sanksi, Iqbal meminta ASN untuk tak memandang remeh. Karena risiko yang ditanggung sangat besar. “Intinya jangan main-main politik,” singkatnya.

Hati-hati Terjerat

Ketua Bawaslu Makassar, Nursari mengatakan memang ASN punya aturan tegas terkait politik praktis. ASN di setiap perhelatan politik diwajibkan untuk netral. Jangan terseret di pusaran politik.

“Makanya, jauh-jauh hari kami selalu imbau untuk tidak terlibat politik praktis,” tuturnya. Adapun ASN yang berniat untuk maju, memang diharapkan untuk cuti. Sementara bila sampai ditetapkan sebagai calon, diwajibkan mundur.

“Birokrat atau ASN lainnya yang mau bertarung diharapkan agar cuti agar tidak ada peluang pelanggaran netralitas. Selesai penetapan calon, wajib mundur itu,” bebernya.

KONTEN BERSPONSOR

loading...

Komentar

Loading...