Karya Bentang Alam Maestro Lukis Prof Srihadi Bakal Dipamerkan

Kamis, 27 Februari 2020 08:30

FAJAR.CO.ID, JAKARTA- Lukisan-lukisan bentang alam (landscape) karya maestro lukis Prof Kanjeng Pangeran Srihadi Soedarsono Adhikoesoemo akan dipamerkan.

Pameran tunggal “Srihadi Soedarsono— Man x Universe” di Galeri Nasional Indonesia, Jakarta, pada 11 Maret – 9 April nanti. Pameran diagendakan akan dibuka Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir.

Seluruhnya ada 44 lukisan yang dipamerkan, terdiri dari 38 lukisan baru, sisanya merupakan koleksi pribadi. Seluruh karya, kecuali sketsa Borobudur (1948), menggunakan media cat minyak pada kanvas.

Karya-karya tersebut antara lain Horizon – The Golden Harvest (2018), Borobudur Drawing (1948), Borobudur – The Energy of Nature (2017), Mt. Bromo – The Mystical Earth (2017), Papua – The Energy of Golden River (2017), The Mystical Borobudur (2019), dan Jakarta Megapolitan – Patung Pembebasan Banjir (2020)

Kepala Galeri Nasional Indonesia, Pustanto mengatakan gelaran ini merupakan sebuah apresiasi terhadap pencapaian Srihadi Soedarsono melalui karya-karyanya. Srihadi merupakan pelukis yang konsisten dan sangat produktif berkarya hingga usia menjelang sembilan dasawarsa.

“Melihat Srihadi bukan hanya sekadar seorang pelukis yang memamerkan karya, perjalanan keseniannya yang cukup panjang melewati berbagai masa merupakan hal berharga yang dapat menjadi inspirasi dan motivasi bagi publik,” bebernya.

Pameran tunggal Srihadi Soedarsono tahun ini merupakan hasil kerja sama antara Srihadi Studio dan Sugar Group Companies untuk yang ketiga kalinya selama satu dekade terakhir, yakni “Retrospective 80th Anniversary Exhibition” pada 2012, “Srihadi Soedarsono – 70 Years Journey of Roso” pada 2016, dan “Srihadi Soedarsono— Man x Universe” pada tahun ini.

Komentar