Pilkada 2020, Ini Harapan Kejaksaan Tinggi Sulsel

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR– Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Sulsel, Firdaus Dewilmar meminta pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020, bisa berjalan damai dan menghasilkan pemimpin yang berkualitas. Hal itu diungkapkan dalam Dialog Interaktif Pilkada Damai Sulsel 2020 di Teras Kantor Kejati Sulsel, Kamis (27/02/2020).

“Kami berharap dengan Pilkada serentak yang hampir setengah wilayah di Sulsel melaksanakannya, pelayanan publik tidak terganggu. Pembangunan tidak terhambat agar ekonomi tumbuh dan investasi datang. Makanya Kamtibmas menjadi sangat penting,” katanya.

Pihaknya berharap penyelenggara Pilkada baik KPU dan Bawaslu bersama stakeholder terkait lainnya bisa mengawal pelaksanaan Pilkada dengan baik.

Kejati berharap Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Sentra Gakumdu) bisa dimaksimalkan. Setiap pelanggaran yang ada sebisa mungkin segera dilaporkan melalui pusat Sentra Gakumdu yang ada di kantor Panwaslu dan Bawaslu.

Asisten Pidana Umum (Aspidum) Kejati Sulsel, Yudi Indra Gunawan menambahkan, ada dua hal yang menjadi fokus pengawasan Sentra Gakumdu. Pertama netralitas Aparatus Sipil Negara (ASN) dan kedua calon petahana.

“Ini sangat berpotensi, netralitas ASN dan petahana. Termasuk perangkat di bawahnya camat hingga kepala desa dalam hal mobilisasi massa,” tambahnya.

Masalah lain yang juga menjadi perhatian Sentra Gakumdu adalah praktik politik uang (Money Politic) dalam bentuk program seperti bantuan sosial. (mg03/fajar)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...