Pilkada 2020, Penyelenggara Diwanti-wanti Netral

Kamis, 27 Februari 2020 15:34

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR– Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulsel, Faisal Amir yakin pelaksanaan Pilkada serentak di 12 kabupaten/kota di Sulsel tahun ini berjalan dengan baik dan lancar. Diketahui, saat ini beberapa tahapan pilkada sudah berjalan.

“Kita sudah melaksanakan tahapan seleksi PPK, sementara membuka PPS desa atau kelurahan, sudah membuka calon perseorangan. Hanya ada dua pasangan yaitu Maros dan Selayar, selanjutnya masuk verifikasi administrasi dan faktual,” kata Faisal saat menghadiri Dialog Interaktif Pilkada Damai Sulsel 2020 di Teras Kantor Kejati Sulsel, Kamis (27/02/2020).

Pihaknya berharap Pilkada 2020 bisa sukses seperti Pilkada 2018 dan Pemilu 2019. Untuk itu, dirinya berharap dukungan semua pihak untuk menyukseskan pesta demokrasi lima tahunan tersebut.

“Kita punya pengalaman pelaksanaan Pilkada semakin membaik. Tiga terbaik penyelenggara Pilkada nasional tahun 2018 lalu, bahkan awalnya masuk zona merah. Kita berharap 12 kabupaten/kota ini tetap berjalan baik. Target partisipasi kalau di atas 81 persen, itu capaian Pemilu lalu dan yang tertinggi selama era reformasi,” jelasnya.

Hal yang sama diungkapkan Ketua Bawaslu Sulsel, Asri Yusuf. Asri menyebutkan berbekal prestasi sebagai Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Sentra Gakumdu) terbaik di tahun 2019, pihaknya yakin pengawasan dan penindakan pelanggaran selama Pilkada 2020 akan lebih maksimal.

“Sangat penting untuk melakukan pencegahan, kalau bisa dibilang kita tak boleh tidur saat tahapan penting nanti. Pada tahun 2019 lalu saat Pemilu, Sulsel menjadi yang terbaik nasional untuk Sentra Gakumdu-nya,” sebutnya.

Komentar


VIDEO TERKINI