Preview MU vs Club Brugge: Butuh Bruno Fernandes

Kamis, 27 Februari 2020 15:47

Bruno Fernandes/Getty Images

FAJAR.CO.ID, MANCHETSER—Partai hidup mati akan dilakoni Manchester United di leg kedua babak 32 besar Liga Europa. Setelah imbang di markas Club Brugge, MU butuh hasil bagus di Old Trafford untuk melenggang ke fase selanjutnya.

SKOR 0-0 sebenarnya sudah cukup bagi Setan Merah untuk lolos ke babak 16 besar setelah bermain imbang 1-1 di Belgia. Namun, skor kacamata tersebut pastinya bukan opsi yang diinginkan United di Teater Impian, dinihari nanti.

Bukan hanya soal gengsi, tampil dengan target minimal juga sangat berisiko. Karena itu, Manajer United, Ole Gunnar Solskjaer perlu kembali menyiapkan pemain-pemain terbaiknya. Khususnya Bruno Fernandes yang pada leg pertama baru masuk lapangan di menit ke-81.  

Tanpa Paul Pogba dan Marcus Rashford, gelandang Portugal itu tak bisa dipungkiri kini menjadi nyawa MU. Saat United menang3-0 atas Watford, akhir pekan lalu, ia menjadi aktor utamanya. Selain mencetak satu gol, ia juga mengkreasi gol Anthony Martial dan Mason Greenwood.

Sebenarnya, MU juga harus mengirit tenaga karena setelah Liga Europa, mereka sudah ditunggu Everton, Manchester City, dan Tottenham Hotspur di Premier League. Tapi, Solskjaer menegaskan bahwa target mereka ingin terus bertahan di Liga Europa.

Makanya, sang legenda mengatakan dirinya tidak memikirkan pertandingan lain saat mempersiapkan anak asuhnya menghadapi Club Brugge. “Kami ingin lolos, jadi semua mata sekarang tertuju pada hari Kamis (Jumat Wita),” tegasnya dikutip dari di situs resmi MU.

Terkait kesiapan Bruno Fernandes, Solskjaer tidak ragu. Menurutnya, mantan pemain Sporting Lisbon itu memiliki karakter United dan selalu siap bermain. “Dia seorang pemain bola. Dia suka bermain sepak bola, dia punya kepribadian dan karakter untuk menuntutnya sepanjang waktu,” jelas Solskjaer.

Untuk penyerang, Solskjaer bisa memberi waktu istirahat pada Anthony Martial yang terus menerus bermain sejak Marcus Rashford cedera. Sebagai gantinya, sang pelatih bisa memberi kesempatan kepada Odion Ighalo untuk memulai pertandingan.

Ighalo sejauh ini telah bermain di tiga pertandingan sebagai pemain pengganti dan sepertinya sudah siap menjadi starter. Pilihan lainnya adalah kembali memainkan bomber 18 tahun, Mason Greenwood yang sejauh ini menjadi top skor sementara MU di Liga Europa.

Membutuhkan kemenangan atau minimal hasil imbang 2-2, kubu Club Brugge sementara itu siap memberikan perlawanan spartan. Pelatih Club Brugge, Philippe Clement mengatakan, ia ingin melihat penampilan heroik anak asuhnya di Old Trafford.

“Saat ini saya tidak khawatir apakah kami bisa lolos atau tidak. Setidaknya saya ingin para pemain saya menunjukkan keberanian di Manchester. Penting bagi para pemain untuk memiliki pengalaman dan kemudian kami akan lihat. Kita masih membutuhkan keberuntungan yang sama (seperti di leg pertama),” tegas Clement di situs resmi UEFA.

Gelandang Club Brugge, Maxim De Cuyper mengatakan, timnya bisa mengimbangi MU di leg pertama. Ia bahkan mengklaim mereka bisa memenangkan pertandingan itu. Makanya, ia tak ragu dengan peluang menyingkirkan MU. “Saya pikir kami memiliki kesempatan yang bagus di Manchester,” ujarnya.

Sayangnya, Emmanuel Bonaventure Dennis yang mencetak gol di leg pertama dan kapten Ruud Vormer harus absen di laga ini. Itu merupakan pukulan besar bagi Clement dan secara otomatis memaksa sang juru taktik melakukan perubahan formasi  dari 4-3-3 menjadi 3-5-2 atau 5-3-2.

United memenangkan semua laga babak 32 besar mereka di Liga Europa. Sebaliknya, Club Brugge hanya mampu memenangkan satu dari empat kesempatan mereka bermain di fase ini  sebelumnya. (amr)

Prakiraan pemain

Manchester United (4-2-3-1): Romero; Wan-Bissaka, Maguire, Lindelof, Williams; Matic, Fred; Mata, Bruno Fernandes, James; Ighalo

Club Brugge (3-5-2): Mignolet; Mata, Mechele, Deli; De Cuyper, Vanaken, Rits, Diatta, De Ketelaere; Percy Tau, Krmencík

Head to head 21/02/20 Club Brugge 1-1 Manchester United

26/08/15 Club Brugge 0-4 Manchester United 18/08/15 Manchester United 3-1 Klub Brugge

Lima pertandingan terakhir Club Brugge

24/02/20 Club Brugge 1-0 Sporting Charleroi

21/02/20 Club Brugge 1-1 Manchester United

15/02/20 Club Brugge 2-1 Waasland-Beveren 12/02/20 Standard Liege 0-0 Club Brugge 05/02/20 Zulte Waregem 1-2 Club Brugge

Lima pertandingan terakhir Manchester United 24/02/20 Manchester United 3-0 Watford

21/02/20 Club Brugge 1-1 Manchester United

17/02/20 Chelsea 0-2 Manchester United 01/02/20 Manchester United 0-0 Wolverhampton Wanderers 29/01/20 Manchester City 0-1 Manchester United KAMUS LOLOS

Komentar


VIDEO TERKINI