Tarif Damri ke Toraja Rp107.000, Segera Beroperasi

Damri Makassar segera beroperasi. (Foto: qiswanti ruslia)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR--sesuai keputusan direktur jenderal perhubungan darat nomor KP 477/AJ. 501/DRJD/2020 tentang penetapan tarif angkutan jalan dengan mobil bus umum kelas ekonomi kawasan strategis pariwisata nasional tahun 2020, diketahui tarif damri rute bandara ke Toraja sebesar Rp107.000 dengan jarak tempuh 295 km dan akan berlaku sejak 1 maret 2020 mendatang.

https://youtu.be/X_UUMw_z4jc

Mansyur Usman, Manager Keuangan SDM dan Umum mengatakan pihaknya siap melayani turis maupun masyarakat lokal yang ingin berkunjung ke Toraja atau menggunakan fasilitas damri.

"Ini program kementerian perhubungan, kita sebagai operator, Damri itu sebagai operator pelaksana tugas, masalahnya kita inovasi juga misal penambahan armada kalau memang masyarakatnya membutuhkan untuk dilayani ke toraja walaupun bukan turis yah, masyarakat umum yang membutuhkan jasa damri nantikan pemerintah setempat bisa menyurat ke damri atau dinas perhubungan terkait karena kami sebagai operator." ucapnya saat dikonfirmasi hari ini rabu (26/2).

Kendati demikian, damri rute Toraja masih dalam proses pengiriman dari Jakarta ke Makassar. Selain itu, diketahui khusus di Kota Makassar damri rute toraja disiapkan 2 damri oleh kementerian perhubungan.
"kita cuma dapat 2 damri karena cuma 1 kita punya wisata yaitu toraja, dan belum tentu cabang cabang lain dapat 2 juga karena tergantung tempat wisatanya kalau banyak tempat wisatanya banyak juga damrinya." lanjutnya.

Sementara itu diketahui untuk kapasitas damri rute toraja memiliki 21 seat dengan kapasitas yang kursi yang memadai dan memberikan rasa nyamn kepada penumpang.

Selain itu untuk tarif pembayaran damri ditentukan dari jarak tempuh. Semakin jauh jarak yang dituju maka semakin mahal pula tarif yang harus dibayar oleh penumpang.

Masnyur berharap dengan program kementerian perhubungan dapat mensejahterakan para pegawainya.

"kalau kami sebagai perusahaan tidak mungkin merugikan, secara program kan kita di tuntut laba harapannya bagaimana kelangsungan dapat mensejahterakan karyawan karena gaji kitakan sesuai perputaran roda kalau menguntungkan alhamdulilllah karyawan juga enak." harapnya.

Ke depannya, kata dia Kementerian dapat menambahkan damri rute Makassar- Malino, Makassar- Bira maupun tempat wisata lain yang ada di sulawesi selatan. (mg10) 

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : rasid alfarizi

Comment

Loading...