WNI Kru Diamond Princess Menunggu Kepastian Evakuasi

Kamis, 27 Februari 2020 10:58

Foto-Foto: AFP

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Warga Negra Indonesia (WNI) Kru Kapal Diamond Princess yang terkonfirmasi positif virus corona kini berjumlah sembilan orang. Meskipun kru yang masih sehat sudah dijanjikan akan segera dievakuasi, belum ada kepastian kapan dan dengan moda transportasi apa evakuasi akan dilakukan.

Sementara Pemerintah Filipina sudah lebih dulu mengevakuasi warganya hari Selasa (25/2). Kabar soal evakuasi tersebut diterima oleh kru WNI Diamond Princess dari staf KBRI Tokyo.

“Kami diberitahu pihak KBRI bahwa kami akan dievakuasi. Tapi masih belum jelas kapan dan bagaimana,” kata salah satu kru WNI, Dimas Wahyu Pratama, kepada Hellena Souisa dari ABC Indonesia, Rabu (26/2).

“Sekarang ini yang tersisa di atas kapal hanya kru dari Serbia, Italia, India, dan Indonesia” sambungnya.

Menurut Dimas, kru India akan dievakuasi hari Rabu (26/2 waktu setempat), sementara saat dihubungi ABC Indonesia, evakuasi kru Filipina sedang berlangsung.

“Iya, ini (evakuasi kru Filipina) sedang berlangsung. Kami cuma bisa nonton,” kata Sasa, kru WNI di Diamond Princess.

Sebelumnya, Menteri Kesehatan Indonesia Terawan Agus Putranto pada hari Senin (24/2) mengumumkan lima kasus baru positif corona di kapal Diamond Princess. Itu berarti, total kru WNI yang dinyatakan positif corona di kapal pesiar ini kini berjumlah sembilan orang.

Sebelum dipindahkan ke rumah sakit, mereka yang bergejala dan akhirnya dinyatakan positif corona ditempatkan terlebih dahulu di kamar bekas penumpang.

Komentar


VIDEO TERKINI