Gara-gara Virus Corona, 18 Ribu Jemaah Umrah Sulsel Tertunda

Jumat, 28 Februari 2020 21:31

Jemaah umrah di Masjid Nabawi. (ILUSTRASI)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Merebaknya virus corona hingga ke Arab Saudi mengakibatkan 17.000 hingga 18.000 jemaah umrah di Sulawesi Selatan terpaksa ditunda. Pasalnya, Pemerintah Arab Saudi juga menangguhkan sementara kedatangan jemaah dari luar negaranya.

Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah Kementerian Agama Provinsi Sulsel, Kaswad Sartono membenarkan hal tersebut. Ia mengatakan, pekan lalu sebanyak 24.000 jemaah umrah terpaksa ditunda keberangkatannya.

“Jumlah yang belum berangkat di Sulawesi Selatan minggu lalu ada 24.000 jemaah tapi sudah ada beberapa penerbangan jadi saya perkirakan 17.000 sampai 18.000 ribuan yang belum berangkat,” ucapnya kepada FAJAR.CO.ID, Jumat (28/2/2020).

Menurutnya, yang menjadi masalah bukan hanya jemaah umroh yang belum di berangkat, melainkan jamaah umroh yang sudah memiliki visa namun belum diberangkatkan.

“tetapi yang menjadi persoalan itu adalah jemaah yang sudah memiliki visa tapi belum di berangkatkan sementara kami cek yah mungkin sekitar 4 ribuan lah,” lanjutnya.

Sementara itu, melihat adanya persoalan tersebut, Kaswad Sartono mengaku tetap berkoordinasi dengan stakholder sekaligus memberikan pemahaman kepada para jemaah.

“Langkah langkah yang diambil kementerian agama Sulsel melakukan koordinasi konsolidasi dengan beberapa stakholder untuk memberikan pemahaman yang baik kepada masyarakat khususnya jamaah umroh yang akan berangkat karena ini betul betul kebijakan Arab Saudi untuk mencegah melebarnya virus corona,” ungkap Kaswad Sartono.

Komentar