Penampakan Hiu Paus Sepanjang 3 Meter di Pesisir Kapanewon Panjatan

Jumat, 28 Februari 2020 10:34

LANGKA: Penampakan hiu paus yang terdampar di Pantai Garongan, Panjatan, Kulonprogo, Rabu (26/2). ( HENDRI UTOMO/RADAR JOGJA )

FAJAR.CO.ID, JOGJAKARTA– Seekor ikan hiu paus terdampar di pesisir pantai di Dusun 1, Kalurahan Garongan, Kapanewon Panjatan, Rabu (26/2). Para nelayan bahu-membahu menggiring ikan ini kembali ke laut lepas.

Keberadaan ikan itu kali pertama diketahui warga sekitar bernama Sumijo, 35, saat tengah menjaring ikan. Awalnya dia mengira kayu mengapung, namun ternyata ikan hiu paus berukuran panjang sekitar tiga meter. ”Saya melihat benda hitam seperti bongkahan kayu, tapi pas jaring diangkat ternyata itu hiu,” katanya Kamis (27/2).

Koordinator Satlinmas Rescue Istimewa Wilayah V Kulonprogo Aris Widatmoko mengatakan, seekor hiu paus sebelumnya juga sempat ditemukan terdampar di kawasan Pantai Glagah, Kapanewon Temon, Minggu (23/2). Ikan pertama kali ditemukan warga yang tengah memancing di laut. Ikan tersebut berhasil digiring untuk kembali ke lautan lepas.

Kepala Seksi Konservasi Wilayah I BKSDA DIJ, Untung Suripto mengungapkan, hiu paus merupakan satwa dilindungi. Saat ini populasinya semakin menipis akibat perburuan. “Kami mengimbau warga untuk membantu hiu paus yang terdampar untuk kembali ke laut,” ungkapnya.

Menurutnya, penyebab ikan itu terdampar banyak faktor. Di antaranya faktor gelombang besar, gangguan kapal atau mulai minimnya persediaan makanan hiu tersebut. “Hiu ini makannya plankton dan ikan-ikan kecil,” ujarnya. (jpg/fajar)

Komentar