Soal Pengecasan Makin Cepat, Samsung, Apple, dan Merek Lain Sepakat

Smartphone Samsung Galaxy S20 Ultra terbaru dengan fitur pengisian daya paling tinggi yang dimiliki Samsung saat ini (Rian Alfianto/JawaPos.com)

FAJAR.CO.ID– Teknologi pengecasan atau pengisian daya ulang ponsel saat ini sudah semakin cepat. Dalam hitungan menit saja suda bisa sampai penuh. Merasa masih belum cukup ngebut, Samsung, Apple, dan merek smartphone lainnya akan kompak membuat dan membawa teknologi yang lebih cepat lagi untuk pengisian daya baterai smartphone.

Soal pengisian daya baterai smartphone yang akan semakin cepat, mengacu pada pengembangan teknologi Gallium Nitride GaN di perangkat smartphone.

Sebagaimana dikutip JawaPos.com dari MacRumors via TechRadar, Kamis (27/2), produsen smartphone termasuk Apple, Samsung, Huawei, Xiaomi, dan Oppo berencana untuk mengungkap pengisi daya berdasarkan teknologi GaN tahun ini. Teknologi tersebut berpotensi menawarkan dukungan untuk pengisian cepat hingga 65W.

Sejauh ini merek-merek tersebut belum melakukan konfirmasi resmi. Tetapi jika itu benar maka bisa mengisi daya gadget dengan kecepatan yang jauh lebih cepat dibandingkan dengan saat ini.

Pengisi daya GaN lebih efisien dan lebih kecil, dan membutuhkan komponen lebih sedikit dibanding rekannya dengan teknologi silikon. Ini juga berarti lebih banyak pengisi daya serbaguna yang mampu memberi daya lebih besar pada berbagai perangkat melalui USB-C.

Seperti kebanyakan teknologi baru, biaya produksi yang tinggi membuat pengisi daya GaN tidak akan digunakan secara umum hingga saat ini. Namun, perusahaan sekarang mencari cara untuk mendapatkan pengisi daya ini ke tangan konsumen dengan harga yang wajar.

Sementara mengutip TomsGuide, handset Samsung yang akan segera datang dengan teknologi pengisian daya tersebut adalah Galaxy Note terbaru. Galaxy Note baru yang akan datang kemungkinan mirip S Series yang dalam hal ini akan menjadi Note 20.

Gallium Nitride akan menggantikan silikon standar yang digunakan pada sebagian besar perangkat pengisi daya saat ini. Dan, akan membuat adaptor pengisi daya menjadi jauh lebih kecil, sederhana, dan lebih efisien. Ditambah watt tambahan yang berarti pengguna dapat menggunakan pengisi daya yang sama untuk perangkat lain termasuk laptop.

Satu-satunya tantangan saat ini adalah seberapa mahal teknologi untuk diimplementasikan. Itulah sebabnya Samsung dikatakan akan cenderung memulai debutnya pada versi flagship Galaxy Note 20 atau bahkan Galaxy S Series selanjutnya.

Sementara Xiaomi sudah menjual pengisi daya 50W dengan teknologi GaN untuk Mi 10 Pro-nya. Handset tersebut dapat mengisi baterai ponsel 4.500 mAh hanya dalam 45 menit. Tentunya akan menarik begitu pemain besar Samsung, Apple, dan Huawei mulai mengadopsinya juga.

Note 20 kemungkinan akan diluncurkan sekitar Agustus 2020. Jika Anda tidak bisa menunggu selama itu untuk flagship Samsung yang cepat terisi daya, maka pilihan terbaik Anda adalah Galaxy S20 Ultra saat ini. Ini ponsel yang sangat mahal, tetapi Anda mendapatkan apa yang Anda bayar, termasuk opsi yang sepadan dengan teknologi pengisian daya baterai hingga 45W. (JPC)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Edy Arsyad


Comment

Loading...