Solusi untuk Guru Honorer, Ini Solusi yang Ditawarkan Pansus

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, MAMUJU — Usai kunjungan ke Dinas Pendidikan Sulsel siang tadi, Pansus GTT dan PTT DPRD Sulbar mengaku mendapat sejumlah gambaran penanganan nasib para guru tidak tetap dan pegawai tidak tetap di lingkup sekolah menengah dan kejuruan di Sulbar.

Ketua Pansus GTT/PTT DPRD Sulbar, Sukri menyampaikan salah satu cara yang bisa dilakukan adalah mengakomodasi pegawai tersebut dengan kombinasi pembayaran full dari dana BOS, lainnya dengan sistem semi mandiri melalui APBD dan sistem kombinasi dengan tetap menggunakan dana BOS.

“Misalnya sekolah dengan siswa di atas 200 didorong mandiri full (upah honorer) dari dana BOS. Yang siswa di bawah 200 bisa dengan sistem semi mandiri, tergantung situasional sekolahnya,” kata Sukri, Jumat, 28 Februari.

Hal lainnya yang mesti terus dibenahi adalah data base jumlah GTT dan PTT yang saat ini diklaim mencapai 3.600-an. Di mana ada sekolah yang memiliki tenaga administrasi honorer mencapai 70 orang.

“Itu di Majene, belum lagi gurunya yang honorer. Jadi mesti di rasionalkanlah,” bebwr politikus Demokrat ini.

Di Sulsel, dia mencontohkan pembayaran upah GTT dan PTT tersebut melalui SK Bayar oleh gubernur, sementara sekolah menerbitkan SK Penugasan kepada guru dan tenaga administrasi honorer yang digunakan.

Pihaknya berharap dengan upaya yang dilakukan Pansus, bisa memperbaiki indeka pendidikan manusia (IPM) Sulbar yang saat ini berada pada posisi juru kunci dari 34 provinsi. (nur/fajar)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...