Corona Makin Misterius, Menular di Inggris Tanpa Riwayat Kontak

Minggu, 1 Maret 2020 23:04

Petugas medis melakukan perawatan terhadap sejumlah pasien terjangkit virus Corona, di Central Hospital di Wuhan, Tiongk...

FAJAR.CO.ID, SURREY– Kasus penularan virus corona semakin misterius. Meski tanpa gejala, seseorang bisa dinyatakan positif terkena penyakit COVID-19 itu.

Seorang pria di Surrey, Inggris, tertular virus Korona padahal tak punya riwayat kontak dengan pasien lain ataupun pergi ke luar negeri atau dengan siapapun yang berasal dari negara terdampak. Lalu bagaimana mungkin dia bisa tertular?

Dilansir dari Mirror, Minggu (1/3), para pejabat kesehatan setempat mencoba mencari tahu bagaimana seorang pria di Surrey menjadi pasien Coronavirus pertama yang terkena secara lokal di Inggris. Tidak seperti kasus positif Covid-19 lainnya di negara itu, pria yang tidak disebutkan namanya tidak melakukan perjalanan baru-baru ini.

Perburuan dan pelacakan kontak dengan pria tersebut sedang diupayakan untuk menghentikan penyebaran virus lebih lanjut. Apalagi sebelumnya seorang warga negara Inggris meninggal karena penyakit tersebut saat berada di kapal pesiar Diamond Princess yang dikarantina di Jepang.

Para ahli kesehatan mengatakan bahwa melacak asal-usul kasus virus Korona pada pasien di Inggris akan menjadi penting dalam mencegah penyebaran yang lebih luas. Profesor Virologi Molekuler di Universitas Nottingham, Jonathan Ball mengatakan penularan di Inggris selama ini menimbulkan gejala nyata. Misalnya dengan gejala yang sangat mirip dengan flu.

“Dan kasus kali ini, seseorang yang dites ternyata positif virus Korona tanpa ada kontak yang diketahui dengan siapa atau daerah yang terinfeksi atau kasus yang diketahui, bisa menandai babak baru penularan di Inggris. Dan akan sangat penting untuk memahami dari mana infeksi berasal untuk mencoba mencegah lebih banyak penyebaran luas,” tegas Ball.

Bagikan berita ini:
10
2
10
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar