Gandeng Kementerian Kehutanan, Brainly Tanam Ratusan Pohon di Pangkep

FAJAR.CO.ID, PANGKEP-- Komunitas Brainly menanam ratusan pohon di Indonesia, hal itu dilakukan sebagai bagian dari proyek sejuta pohon yang ikut menggandeng Kementerian Kehutanan.

Brainly, komunitas belajar online meluncurkan program Brainly's “A Million Trees Project. Pimpinan Komunitas Brainly Indonesia, Zuhrawati Latif menjelaskan, kegiatan ini bertujuan meningkatkan kesadaran ekologis di antara para penggunanya di saat mereka berpartisipasi dalam pertukaran pengetahuan di dalam aplikasi Brainly.

"Kampanye ini direncanakan tidak hanya berhenti di Indonesia, namun juga berlanjut ke negara lain. Dimana, latar belakang pengguna Brainly di Indonesia memiliki kepedulian yang besar akan kesadaran lingkungan, terutama ketika terhubung dengan pelestarian hutan," paparnya.

Ia menyebut, Kementerian Kehutanan juga menunjukkan keikutsertaan dengan menambahkan 140 pohon, sehingga jumlah totalnya menjadi 400 pohon yang ditanam di wilayah Kecamatan Balocci.

"Daerah tempat Brainly menanam pohon adalah gunung di pedalaman pulau Sulawesi. Area ini dipilih karena terletak di tepi sungai dengan kemampuan menampung air yang sangat baik. Wilayah ini juga membutuhkan reboisasi karena digunakan untuk pertambangan beberapa dekade yang lalu. Ditambah wilayah ini memang sudah menjadi target pemerintah," paparnya.

Lanjut dijelaskan, penanaman ratusan pohon ini menunjukkan kepedulian Brainly tidak hanya peduli tentang pendidikan di kelas tetapi juga di luar kelas, utamanya terhadap lingkungan.

"Pengguna Brainly di Indonesia memiliki kepedulian yang besar akan kesadaran lingkungan, terutama ketika terhubung dengan pelestarian hutan. Dukungan tambahan diberikan oleh Semen Tonasa PT, organisasi yang memiliki tanah dan mendedikasikannya sebagai area hijau.

Negara berikutnya setelah Indonesia kampanye akan berlangsung adalah Filipina. Brainly saat ini sedang dan proses mencari mitra lokal dan merencanakan acara penanaman pohon berikutnya," bebernya.

Ia juga menyebut bahwa, Brainly merupakan komunitas pembelajaran online terbesar di dunia untuk siswa, orang tua, dan guru.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Hamsah Umar


Comment

Loading...