Anak Ulama Keturunan Bugis PM Malaysia

Senin, 2 Maret 2020 12:17

FAJAR.CO.ID, FAJAR — Teka-teki siapa pengganti Mahathir Mohamad sebagai Perdana Menteri (PM) Malaysia terjawab sudah. Dia adalah Presiden Partai Persatuan Pribumi Malaysia (Bersatu), Tan Sri Muhyiddin Yassin. Dia akan dilantik, Minggu, 1 Maret.

Muhyiddin ditunjuk Raja Malaysia, Yang Dipertuan Agung Al-Sultan Abdullah Ri’ayatuddin Al-Mustafa Billah Shah setelah mempertimbangkan suara mayoritas Parlemen Malaysia. Dikutip dari MalayMail, Sabtu, 29 Februari, pelantikan akan dilakukan pada pukul 10.30 waktu setempat di Istana Negara.

“Saya berharap seluruh rakyat Malaysia bisa menerima keputusan Istana Negara hari ini. Saya sangat berterima kasih kepada Allah Swt yang mengizinkan saya menjabat sebagai PM ke-8 Malaysia,” ujar Muhyiddin, kemarin.

Keputusan mengangkat Muhyiddin menjadi PM menggantikan Mahathir Mohamad yang meletakkan jabatan di tengah jalan baru-baru ini. Kini Muhyiddin harus segera memilih orang-orang yang akan duduk di kabinet.

Dari sejumlah sumber Muhyiddin ternyata memiliki keturunan Bugis dan Jawa. Ayahnya, Haji Muhammad Yassin, merupakan seorang ulama.

Muhyiddin adalah politisi senior yang mengawali karier politiknya di parlemen untuk Pagoh, Johor, pada 1978 Johor lewat UMNO. Namun, dia keluar dari UMNO dan bersama-sama Mahathir membentuk Pantai Bersatu pada 2016 setelah dipecat PM Najib Razak sebagai wakil PM Malaysia.

Pemecatan dilakukan Najib setelah Muhyiddin ikut mempertanyakan skandal korupsi yang diduga melibatkan Najib saat itu. Dia pun disebut terpilih menjadi PM dan akan dilantik hari ini, karena dukungan partai oposisi yang dikomandoi UMNO.

Bagikan berita ini:
10
9
9
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar