Banjir Besar di Rancaekek Bandung, Ridwan Kamil Bilang Ini

Senin, 2 Maret 2020 15:07

Banjir di wilayah Rancaekek Bandung. Foto: Jabar Ekspres

FAJAR.CO.ID, BANDUNG – Banjir besar yang melanda wilayah Rancaekek dan sekitarnya diduga karena tidak berfungsinya gorong-gorong raksasa yang dikerjakan oleh Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, pihaknya akan langsung mengecek gorong-gorong tersebut untuk memastikan apakan berfungsi atau tidak.

Secara teori, kata Emil, jika ada masalah maka harus ada solusi, ketika dikerjakan ternyata solusinya belum. Sehingga pihaknya menilai gorong-gorongnya berfungsi, namun dikarenakan ada tiga sungai yang sedang dinormalisasi maka baru 50 persen solusinya.

“Jadi saya kira pemerintah sedang mengebut apa-apa yang sudah direncanakan, mudah-mudahan dengan selesainya apa yang dikerjakan bisa mengurangi kebencanaan yang hadir agak intens bulan bulan ini,” kata Emil.

Orang nomor satu di Jabar itu menyebutkan bahwa banjir yang melanda Kecamatan Rancaekek tersebut diduga akibat luapan air dari tiga sungai yang sedang dinormalisi.

“Ya saya sudah sampaikan dari BBWS dan masalah sungai ini masalah yang pengerjaaannya dilakukan oleh Balai Besar Wilayah Sungai. Rancaekek itu ada tiga sungai yang sedang dinormalisasi,” katanya. (jabarekspres/jpnn/fajar)

Bagikan berita ini:
10
1
4
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar