Resmikan Kantor Camat Lamuru, Bupati Bone: Petani Harus Mulai Tanam Kelor

FAJAR.CO.ID, WATAMPONE — Bupati Bone, Andi Fahsar Mahdin Padjalangi meresmikan kantor Camat Lamuru Senin (2/3/2020).

Dalam acara peresmian itu Fahsar banyak menyampaikan soal potensi desa. Mulai dari alokasi dana desa yang harus disisipkan untuk para petani. Minimal benih dan pupuknya untuk pengembangan petani.

“Sudah seharusnya para kepala desa mengalokasikan dana desa sebagian untuk para petani. Harus memperbanyak tanam sayur kelor karena sudah ada pabriknya,” katanya.

Bupati dua periode itu menjelaskan, pabrik kelor di Sulsel baru satu. Hanya ada di pabrik yang berlokasi di Desa Bulu-bulu, Kecamatan Tonra. Potensi usaha ekspor kelor di Indonesia sangat menjanjikan pasar internasional.

Pasalnya, tanaman kelor memiliki peluang ekonomi tinggi dibutuhkan berbagai negara untuk konsumsi maupun industri. Itu semua dikelola olehPT Plaza Desa Indonesia.

“Di Tonra dulu petani rata-rata tanam padi. Sekarang 50 persen petani tanam sayur-sayuran. Keuntungannya sangat besar. Bisa tembus Rp20 juta. Di Kecamatan Lamuru pun harus begitu juga. Petta Camat sudah harus mulai melakukan hap seperti itu, dan petta desa menghidupkan kembali Bumdes,” ucapnya.

Pada peresmian kantor Camat Lamuru hadir Ketua DPRD Bone Irwandi Burhan, Kadis Sosial Andi Promal Pawi, Kadis Perumahan Pemukiman dan Pertanahan Andi Ikhwan Burhanuddin, Camat Tellulimpoe, serta para kepala desa dan lurah se Kecamatan Lamuru. (gun)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Edy Arsyad

Comment

Loading...