Wabah Corona, 147 Warga Jakarta dalam Pemantauan dan Pengawasan

Penumpang MRT menggunakan masker di Kawasan stasiun MRT Bendungan Hilir, Jakarta, Jumat (7/2). Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan Coronavirus sebagai kondisi darurat Internasional pada 31 Januari 2020. Hal ini dibuktikan dengan adanya penyebaran virus yang meluas sebanyak 18 negara yang terkena Coronavirus. Masyarakat turut antisipasi penyebaran virus dengan menggunakan masker saat berada di luar ruangan. FOTO: FAISAL R. SYAM / FAJAR INDONESIA NETWORK.

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Sedikitnya ada 147 warga di ibu kota Jakarta tengah pemantauan dan pengawasan dari tim medis terkait kasus corona. 115 masuk dalam pemantauan, sedang 32 lainnya dalam pengawasan.

Hal tersebut diungkapkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Menurutnya selama sebulan belakangan ada lebih dari seratus warga yang sedang dipantau kesehatannya terkait virus corona.

“Sampai saat ini, selama satu bulan lebih, di DKI ada 115 orang yang dalam pemantauan dan ada 32 orang pasien dalam pengawasan. Ini semua mengikuti kriteria yang ditetapkan oleh Menteri Kesehatan,” kata Anies, Minggu (1/3).

Dijelaskannya, selain itu Pemprov DKI Jakarta juga menyiapkan instruksi gubernur (ingub) bukan hanya untuk mengantisipasi penanganan 115 orang dalam pantauan tersebut, tapi juga untuk menyikapi penyebaran virus corona yang terjadi di luar Indonesia. Sebab dalam beberapa hari, ada lebih dari 10 negara yang mengumumkan kasus virus corona pertama, mulai dari Selandia Baru sampai Nigeria.

“Instruksi gubernur bagian dari kewaspadaan dan persiapan kita jika terjadi kasus virus corona di Jakarta,” katanya.

Dikatakannya, Pemprov DKI Jakarta akan membentuk posko yang berfungsi sebagai pusat pemantauan, pencegahan dan penanggulangan penyebaran virus corona di Jakarta.

“Nanti akan ada poskonya, Senin besok (hari ini) akan diumumkan lengkapnya. Yang jelas ini akan menjadi rujukan untuk semua kegiatan yang terkait dengan COVID-19, sebagai pusat kendali untuk pemantauan, pencegahan dan penanggulangan COVID-19,” katanya.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Hamsah Umar


Comment

Loading...