Ada Peran KPK di Balik Penyerahan Stadion Mattoangin

0 Komentar

Penyerahan Stadion Mattoanging dari YOSS ke Pemprov Sulsel. (Fajar/Mirsan)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR– Penyerahan kawasan Stadion Mattoanging dari YOSS ke Pemprov Sulsel masih menyisakan berbagai cerita. Salah satunya, alasan yang membuat YOSS bisa luluh menyerahkan aset yang dikuasai selama 32 tahun lebih.

Salah satu pejabat Pemprov Sulsel menyebutkan penyerahan tersebut tidak terlepas dari keterlibatan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Di mana selama ini, KPK ikut aktif membantu Pemprov Sulsel menertibkan beberapa aset.

“Penyerahan itu hanya sehari prosesnya, malam sebelum penyerahan (Minggu malam) pihak YOSS memanggil Kepala OPD kami. Mereka menyatakan siap menyerahkan pengelolaan stadion,” kata pejabat yang tak ingin namanya disebutkan di Kantor Gubernur Sulsel, Selasa (03/03/2020).

Dia menyebutkan, beberapa waktu sebelumnya KPK pernah mengancam pihak YOSS terkait pengelolaan stadion. Ancaman ini, menurutnya menjadi alasan utama penyerahan aset yang ikut disaksikan oleh Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron di Rujab Gubernur Sulsel, Senin (02/03/2020).

“Sempat diancam soal dana hasil sewa kawasan stadion yang tak pernah disetorkan ke Pemprov. Bayangkan, PSM Makassar saja untuk latihan harus bayar Rp1 juta. Satu pertandingan di liga sewanya bisa mencapai Rp10 juta,” sebut PNS tersebut.

Ghufron menyebutkan, terkait pengelolaan nantinya diserahkan ke Pemprov Sulsel. Baik dikelola sendiri atau diserahkan ke pihak ketiga.

“Ini merupakan perjanjian luhur, penyerahan aset dari YOSS ke Pemprov. Hari ini sangat luar biasa, penyerahan aset tak perlu lewat OTT atau pakai rompi orange,” sebutnya.

Sebelumnya, Pembina YOSS Andi Ilhamsyah Mattalatta mengatakan pihaknya merasa lega telah menyerahkan Stadion Mattoanging ke Pemprov Sulsel. Dengan penyerahan tersebut, gugatan hukum yang dilayangkan pihaknya juga akan dicabut.

“Yang jelas kita semua merasa lega dan tidak berpolemik. Seperti apa yang dikatakan Pak Gubernur, kami masih bertanggung jawab memelihara sesuai spesialis kami. Insya Allah kami akan cabut,” pungkasnya. (mg03/fajar)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...