Antisipasi Corona, Semua RS Bersiap

Selasa, 3 Maret 2020 19:25

Wanita mengenakan masker wajah berjalan di jalan di Jakarta pada 2 Maret 2020. - Indonesia pada 2 Maret melaporkan kasus...

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Makassar, Naisyah Tun Azikin mengungkapkan, sudah ada tim yang dibentuk untuk menyikapi virus korona yang terus menyebar. Koordinasi dengan berbagai pihak pun terus dilakukan.

“Kita koordinasi terus dengan berbagai pihak. Kita siap menyikapi ini. Tetapi kita berharap virus korona tidak masuk ke Makassar,” kata dia, Senin, 2 Maret.

Penjagaan di pintu masuk Makassar pun mulai diperketat. Timnya sudah berkoordinasi dengan pihak pelabuhan dan bandara untuk melakukan pengawasan ekstra.

“Di kantor kesehatan pelabuhan dan bandara sudah dikoordinasikan untuk melakukan pengawasan ekstra. Rumah sakit di Makassar juga semua sudah kita instruksikan untuk bersiap,” terangnya.

Naisyah menyampaikan, meski semua rumah sakit disiapkan, ada satu rumah sakit yang dijadikan pusat rujukan, yaitu RS Wahidin Sudirohusodo. Pasalnya, RS Wahidin satu-satunya yang memiliki infection center.

“Semua rumah sakit sudah tahu kalau ada gejala atau ada dicurigai langsung rujuk ke RS Wahidin. Di situ akan dilakukan pemeriksaan menentukan positif tidaknya,” bebernya.

Dia menambahkan, informasi mengenai virus korona saat ini juga dipusatkan di RS Wahidin. Selain itu, masyarakat diminta tak langsung percaya. Kecuali disampaikan langsung pihak RS Wahidin.

“Kita juga punya tim terpadu sampai tim surveillance akan mendatangi rumah siapa-siapa yang pernah kontak dan dilakukan pemeriksaan. Jadi insyaallah tim-tim yang ada itu bisa bekerja baik,” paparnya.

Bagikan berita ini:
7
8
3
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar