Erupsi Gunung Merapi, Ini Wilayah yang Kena Hujan Abu

Selasa, 3 Maret 2020 10:38

Warga mengenakan jas hujan dan masker untuk melindungi diri dari hujan abu vulkanik Merapi. (TRI WIDODO/RADAR SOLO)

FAJAR.CO.ID, BOYOLALI — Erupsi Gunung Merapi terjadi Selasa pagi (3/3), sekitar pukul 05.22. Erupsi berdurasi 450 detik dengan kolom asap erupsi kurang lebih 6 ribu meter itu berakibat hujan abu di beberapa wilayah.

Bahkan hujan abu yang turun kali ini cukup tebal. Seperti yang terjadi di Kecamatan Sawit. “Tak hanya hujan abu, tapi ada hujan pasir juga,” kata Kusnadi, warga Desa Gombang, Kecamatan Sawit.

Kusnadi tinggal tepat di pinggir jalan Pengging-Sawit. Di wilayah itu, kondisi jalan sudah dipenuhi abu vulkanik dan pasir. Pengendara harus ekstra hati-hati karena kondisi jalan licin dan jarak pandang terganggu oleh abu.

Sementara itu, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Boyolali Kurniawan Fajar Prasetyo mengungkapkan, pihaknya sudah melakukan pendataan wilayah terdampak hujan abu vulkanik. Untuk sementara ini, hujan abu hanya terjadi di Kecamatan Cepogo, Musuk, Tamansari, Boyolali Kota, Teras, Banyudono, dan Sawit.

“Ribuan masker sudah kami bagikan kepada masyarakat. Dan belum ada masyarakat di lereng Merapi yang mengungsi,” terang Kurniawan. (jpg/fajar)

Bagikan berita ini:
8
8
10
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar