Kakanwil Kemenag Sulsel Ajak Tokoh Lintas Agama Jaga Kerukunan

Selasa, 3 Maret 2020 16:11

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulsel menggelar Pengembangan Wawasan Multikultural, yang dihadiri para tokoh lintas agama Sulsel serta ratusan ASN Kanwil Kementerian Agama Sulsel.

Kakanwil Kemenag Sulsel, Anwar Abubakar menyebut kegiatan ini sebagai penguatan dan penambahan kapasitas pemahaman multikultural yang ada di Sulsel, khususnya untuk tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Anwar menyampaikan, capaian Sulsel terhadap indeks Kerukunan Umat Beragama (KUB) berada di atas rata-rata nasional.

Berdasarkan rilis Kementerian Agama (Kemenag), Sulsel meraih skor 75,7 sedangkan secara nasional berada pada angka 73,83. Sulsel berada pada peringkat 11 dari 34 provinsi. Tertinggi diraih oleh Papua Barat dengan skor 82,1.

“Kita berharap indeks kerukunan di Sulsel yang sudah baik ini bisa kita jaga dan lestarikan. Karena tentu kerukunan ini menjadi kunci utama pembangunan,” ucapnya saat ditemui di Hotel Dalton Makassar, Selasa (3/3).

Untuk menjaga kerukunan umat beragama, ia menambahkan, dengan mengangkat atau melestarikan kembali nilai-nilai kearifan lokal di Sulsel.

Pasalnya, kerukunan beragama suatu daerah sangat berdampak terhadap pembangunan, khususnya investasi.

“Bahwa dengan adanya suasana yang aman ini, investor dari luar berlomba-lomba akan menanamkan modalnya di sulsel ini. Ini anugerah bagi kita di Sulsel. Kita harus jaga dan syukuri,” tegasnya. (mg01/fajar)

Bagikan berita ini:
10
4
1
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar