Kerukunan Beragama di Sulsel, Menag Fachrul Razi: Saya Sangat Bangga!

Selasa, 3 Maret 2020 14:23

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Menteri Agama Fachrul Razi mengungkapkan kebanggaannya terhadap kerukunan umat beragama yang terjalin baik di Sulawesi Selatan. Ia menekankan, agar jalinan baik dapat dijaga dan dipertahankan.

Hal itu ia sampaikan di hadapan tokoh lintas agama dan ASN Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulsel, dalam acara bertajuk Pengembangan Wawasan Multikultural di Hotel Dalton Makassar, Selasa (3/3).

Menag berpandangan moderasi beragama sangat diperlukan agar Indonesia rukun. Dengan adanya penguatan pemahaman multikultural ini, secara langsung akan terjadi tatap muka atau silaturahmi tokoh lintas agama.

“Dengan silaturahmi begini, kita akan lebih kompak. Bagus sekali. Sehingga konflik antaragama, antarkultur tidak akan terjadi dan mencuat,” papar Fachrul Razi.

Indonesia patut bangga dengan multikultur yang ada. Fachrul Razi bercerita, saat dirinya berkunjung ke Arab Saudi, pihak kerajaan menyampaikan visi Saudi Arabia tahun 2030.

“Saya sangat tertarik mendengar visi tersebut. Mereka memaparkan 6 skala prioritas 2030, salah satunya menguatkan identitas Islam dan kebangsaan. Maksudnya Arab Saudi tidak ingin memisahkan identitas agama dan kebangsaan. Dalam hati saya, Indonesia sejak dulu sampai sekarang, sudah menanamkan hal itu. Indonesia tidak pernah memisahkan identitas agama dan kebangsaan,” ujarnya.

Saat ini yang harus dilakukan adalah penguatan, kompak dan bersatu sesama anak bangsa sehingga tidak perlu lagi adanya konflik.

Komentar