Pemprov Sulsel Bersama KPPN Makassar II dan KPP Teken Berita Acara Rekonsiliasi Pajak

Selasa, 3 Maret 2020 12:15

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR—Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan diwakili Plt. Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) menandatangani Berita Acara Rekonsiliasi (BAR) data setoran pajak pusat atas beban belanja APBD bersama Kepala KPPN Makassar II, Kepala KPP Makassar Selatan, Kepala KPP Makassar Utara dan Kepala KPP Makassar Barat, Jumat, 28 Februari 2020 di Ruang VIP Baruga Longe Kantor Gubernur Sulawesi Selatan.

Rekonsiliasi pajak dimaksud untuk meningkatkan akuntabilitas dan realisasi penerimaan negara yang tidak terlepas dari peran serta pemerintah daerah.

Pelaksana tugas Kepala BKAD Prov. Sulsel, Junaedi, B, S.Sos dalam sambutannya mengatakan bahwa kontribusi Dana Transfer APBN bagi Pemprov dan beberapa kabupaten/kota di Sulawesi Selatan dalam memenuhi kebutuhan belanja daerahnya masih cukup besar. Beliau berharap proses rekonsiliasi pajak ini dapat membantu mempertajam peran pemda dalam membantu meningkatkan peneriman negara sehingga dana transfer dari pusat ke provinsi Sulawesi Selatan dapat maksimal.

“Mudah-mudahan apa yang kita lakukan pada kesempatan ini dapat menjadi bagian utama meningkatkan penerimaan negara dan tentunya kita berharap dana transfer dari pusat juga semakin lancar” ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut Kepala KPPN Makassar II, Adi Setiawan, menjelaskan bahwa mulai tahun anggaran 2020 rekonsiliasi pajak pusat atas beban APBD menjadi salah satu syarat penyaluran Dana Transfer Pusat ke Daerah khususnya DBH PPh dan PBB P3. Sehingga perlu sinergi yang baik antara Pemda dengan Kementerian Keuangan dalam pelaksanaannya.

Bagikan berita ini:
2
6
10
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar