Preview Chelsea vs Liverpool: Target Realistis Lampard

Chelsea/Getty Images

FAJAR.CO.ID, LONDON—Gelar Piala FA menjadi target paling realistis Chelsea di sisa musim. Kekuatan terbaik pun mereka siapkan untuk kompetisi tertua dunia ini, termasuk saat menjamu Liverpool, dinihar nanti.

CHELSEA sebenarnya masih berkompetisi di Liga Champions. Akan tetapi, mereka membutuhkan keajaiban untuk tetap bertahan di kompetisi ini. Itu setelah The Blues kalah 0-3 dari Bayern Munchen pada leg pertama babak 16 besar di Stamford Bridge.

Dengan demikian, trofi FA Cup kini menjadi bidikan paling masuk akal bagi Chelsea untuk menghindari nirgelar di akhir musim. Tak mengejutkan, Manajer Chelsea, Frank Lampard berjanji akan memainkan tim terkuatnya melawan Liverpool.

Lampard menegaskan, meski jadwal pertandingan sangat padat, ia harus menurunkan pemain terbaik untuk memenangi pertandingan. “Kami memburu kemenangan. Ini adalah Liverpool, penggemar kami datang di Piala FA untuk melihat kami menaklukkan tim terbaik di negeri ini,” tegas Lampard di Sportsmole.

Memang, menurut pelatih berjuluk Super Frank itu, peluang untuk melakukan perubahan menghadapi Liverpool tetap terbuka. Namun, itu hanya untuk alasan kebugaran dan taktik. Yang jelas menurut legenda The Blues itu, Piala FA ini mereka perlakukan seperti halnya Premier League.

“Itu tidak berarti saya mungkin tidak mengubah beberapa orang. Mungkin untuk penyegaran kaki atau beberapa opsi yang berbeda. Tetapi saya tidak akan memilih tim untuk dengan santai memberikan menit. (Saya) akan memperlakukan ini seperti permainan Premier League,” jelasnya.

Chelsea tanpa Ruben Loftus-Cheek, Tammy Abraham, Callum Hudson-Odoi, N ‘Golo Kante dan Christian Pulisic di babak kelima ini. Mereka tidak bisa tampil karena belum sepenuhnya pulih dari cedera.


Khusus Abraham, ia sebenarnya sudah sempat berlatih, tapi top skor Chelsea itu kembali mendapat cedera. “Saya berharap itu bukan cedera jangka panjang tetapi pada saat yang sama saya tidak bisa mengatakan dia akan kembali untuk hari Selasa (Rabu Wita),” beber Lampard di Express.

Olivier Giroud menjadi tombak utama Chelsea di tiga pertandingan terakhir setelah Abraham absen. Namun, jika Lampard ingin mengubah komposisi lini serangnya dan memainkan pemain yang lebih bugar, Michy Batshuayi bisa menjadi pilihan utamanya.

Di kubu Liverpool, setelah memainkan tim U-23 di babak sebelumnya, mereka diyakini akan melakukan sejumlah perubahan di pertandingan ini. Di antara pemain muda yang tampil menghadapi Everton dan Shrewsbury, kemungkinan hanya Curtis Jones yang mendapat garansi starter.

Apalagi, Liverpool baru saja menderita kekalahan memalukan di markas Watford yang merusak rekor tak terkalahkan mereka di Premier League. Dan kubu Liverpool sudah menegaskan ambisi mereka langsung bangkit dengan mengalahkan Chelsea.

“Anda selalu dapat mengubah banyak hal, begitulah adanya. Kami berjuang dan memainkan game demi game dan itu akan berlanjut,” kata Manajer Liverpool, Juergen Klopp di situs resmi The Reds.

Bek Liverpool, Andy Robertson menambahkan, mereka akan kembali menunjukkan performa hebat menghadapi Chelsea. “Terserah kita untuk sekarang menunjukkan itu dan bangkit melawan Chelsea di Piala FA. Kami benar-benar perlu menampilkan kinerja LFC yang tepat,” tegasnya.

Walau kemungkinan akan duduk di bench, palang pintu Liverpool, Virgil Van Dijk percaya diri timnya bisa menyingkirkan Chelsea. “Kami akan terus maju, kami ingin memenangkan pertandingan berikutnya, yaitu Piala FA, dan kemudian Bournemouth di kandang. Kami ingin menunjukkan apa yang telah kami lakukan sepanjang musim,” tandasnya.

Klopp belum bisa memainkan kapten tim, Jordan Henderson dan James Milner. Dengan demikian, Adam Lallana berpeluang mengisi lini tengah bersama Jones dan Fabinho. Khusus lini serang, Klopp diprediksi akan melakukan perubahan dengan Divock Origi berpeluang turun sejak awal bersama Takumi Minamino.

Ini akan menjadi pertemuan ke-11 kedua klub di Piala FA. Dari sepuluh duel sebelumnya, The Blues unggul dengan enam kemenangan. Pertemuan terakhir kedua klub di FA Cup terjadi di final musim 2011/2012 dimana Chelsea menang dengan skor 2-1. Sementara pada duel terakhir kedua klub di Stamford Bridge, September tahun lalu, Liverpool menang 2-1. (amr)

Prakiraan Pemain
Chelsea (5-2-3): Arrizabalaga; James, Azpilicueta, Rudiger, Tomori, Alonso; Jorginho, Barkley; Willian, Mount, Batshuayi
Liverpool (4-3-3): Adrian; Williams, Matip, Lovren, Robertson; Lallana, Fabinho, Jones; Chamberlain, Minamino, Origi

Head to head

22/09/19 Chelsea 1-2 Liverpool

14/08/19 Liverpool 2-2 Chelsea

14/04/19 Liverpool 2-0 Chelsea

29/09/18 Chelsea 1-1 Liverpool

26/09/18 Liverpool 1-2 Chelsea

Lima pertandingan terakhir Chelsea

29/02/20 Bournemouth 2-2 Chelsea

25/02/20 Chelsea 0-3 Bayern Munchen
22/02/20 Chelsea 2-1 Tottenham Hotspur

17/02/20 Chelsea 0-2 Manchester United

01/02/20 Leicester City 2-2 Chelsea

Lima pertandingan terakhir Liverpool

29/02/20 Watford 3-0 Liverpool

24/02/20 Liverpool 3-2 West Ham United

18/02/20 Atlético Madrid 1-0 Liverpool

15/02/20 Norwich City 0-1 Liverpool

04/02/20 Liverpool 1-0 Shrewsbury

REKAMAN PERTEMUAN DI PIALA FA

Pertandingan: 10
Chelsea menang: 6
Liverpool menang: 4

Jumlah gol: 37
Gol Chelsea: 21
Gol Liverpool: 16
Selisih gol: 5
Rekor skor

Kemenangan terbesar Chelsea: 4-2
Kemenangan terbesar Liverpool: 2-0
Skor terbesar: 3-4

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Amir

Comment

Loading...