Virus Corona, Dinas Kesehatan Siapkan Ruang Khusus di RS Wahidin

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR-- Dinas Kesehatan Sulawesi Selatan meminta warga tidak panik dan khawatir dengan adanya penderita virus corona di Indonesia. Terlebih beredarnya informasi bohong atau hoaks, seperti adanya penderita di salah satu rumah sakit di Makassar.

"Tidak ada, itu hoaks. Kalau pun ada, saya yang akan menyampaikan secara resmi kalau itu ada. Sampai sekarang tidak ada. Kita punya komunikasi sesama tim, saya akan lapor ke gubernur dulu kemudian sampaikan kalau ada," kata Kepala Dinas Kesehatan Sulsel, Ichsan Mustari.

"Tidak usah khawatir, kita berdoa bersama. Saya imbau masyarakat tidak usah panik, jaga kesehatan dan asupan gizi. Kalau sakit segera ke fasilitas kesehatan terdekat," lanjur Ichsan.

Pihaknya menyebutkan, sesuai prosedur dan protokol yang berlaku terduga penderita akan menjalani observasi. Ruangan khusus sendiri telah disiapkan di RSUP Wahidin Sudirohusodo.

"Bukan berarti semua orang demam itu dianggap penderita, bisa saja flu biasa. Kita akan observasi, apakah dia batuk, sesak nafas dan lihat riwayat perjalanan keluar negerinya atau orang yang ditemui. Terakhir baru tes darah, untuk melihat apakah ada virus corona," jelasnya.

Pihaknya juga telah membentuk tim gerak cepat hingga kabupaten/kota untuk mendeteksi penyebaran virus yang berasal dari Wuhan, China tersebut. Selain itu, pengawasan di pintu kedatangan baik bandara maupun pelabuhan telah dilakukan.

"Protokolnya tetap jalan seperti biasa, bagaimana mencegah dan pengendalian. Mencegah agar tidak masuk, kalau pun masuk kita lakukan pengendalian. Tiap kabupaten ada tim gerak cepat yang sudah lama terbentuk, sejak flu babi dan burung," pungkasnya. (mg03/fajar)

  • Bagikan