Diskes Sulsel Ungkap Pantau 50 Pasien, 1 Masih Diobservasi

Rabu, 4 Maret 2020 11:52

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR– Kepala Dinas Kesehatan Sulsel, Ichsan Mustari mengungkapkan sudah sekitar 50 orang yang dipantau terkait penyebaran virus corona (Covid-19). Meski demikian belum satupun yang dinyatakan positif menderita virus Covid-19.

“Kami laporkan bahwa sejak 20 Januari, sudah melakukan pemeriksaan atau pemantauan 49 orang dan sekarang sudah sehat semua. Satu orang masih diobservasi, kita sudah kirim sampel darah dan menunggu hasil lab dari Litbangkes,” kata Ichsan saat rapat dengar pendapat di Komisi E DPRD Sulsel, Rabu (04/03/2020).

Dalam kesempatan tersebut, Ichsan menyebutkan jumlah penderita virus Covid-19 secara global sudah mencapai 90 ribu dengan angka kematian hingga 3.122 orang.

“Kalau kita lihat persentase kematian hanya 3,2 persen. Ini sangat tidak gawat dibandingkan flu burung. Ini informasi yang harus disampaikan kepada kita semua. Penyakit saluran pernapasan yang ada selama ini bahkan lebih gawat dibandingkan Covid-19,” jelasnya.

Soal rumah sakit rujukan yang sempat berpolemik, Ichsan menyebutkan memang ada enam Rumah Sakit (RS) yang disiapkan oleh Pemprov Sulsel.

“Kita berpedoman kepada RS yang menangani flu burung, mereka telah dilatih dan diberi peralatan. Hanya saja ada yang tidak aktif. Agar konsentrasi kita bisa penuh, maka untuk sementara dipusatkan di RSUP Wahidin Sudirohusodo,” sebutnya.

Dalam rapat dengar pendapat tersebut, beberapa persoalan diungkapkan anggota DPRD Sulsel. Mulai dari deteksi bagi pendatang, tak hanya dari mancanegara tapi juga domestik. Kemudian masalah kelangkaan masker. (mg03/fajar)

Bagikan berita ini:
2
9
6
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar