Media Transplantasi Terumbu Karang “Garuda di Lautku” Mulai Diturunkan

FOTO: ISTIMEWA

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Media Transplantasi Karang “Garuda Di Lautku” yang telah selesai dirilis dengan sempurna di Fasharkan Makassar kini mulai diturunkan ke dasar laut Pulau Kodingareng Keke, Rabu (4/3/2020).

Dengan dipimpin langsung Komandan Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan VI (Danyonmarhanlan VI) Letkol Marinir Aang Andy Warta, MTr (Opsla) selaku Ketua Tim Penyelam “Garuda di lautku”, yang terdiri dari penyelam Kopaska, Taifib, Dislambair, dan tim penyelam Lantamal VI ini mulai menurunkan media tersebut ke dasar laut pulau Kodingareng Keke.

Danyonmarhanlan VI menyampaikan bahwa penurunan media transplantasi karang yang berbentuk burung Garuda akan menjadi media transplantasi terumbu karang kebangsaan 2020 yang dilaksanakan pada 18 Maret 2020. Media transplantasi terumbu karang ini akan diturunkan secara bertahap dengan memperhitungkan kekuatan personel serta cuaca.

“Hari ini, kami menurunkan perisai Garuda sebanyak lima media transplantasi karang dari total 45 media untuk formasi burung Garuda yang utuh dan prosesnya pun semuanya berjalan lancar dengan menggunakan kapal Landing Craft Tank (LCT) untuk mudah menurunkannya ke laut. Agar memudahkan pergeseran menuju ke titik yang sudah diplot. Media tersebut diapungkan dengan pelampung lalu ditarik menggunakan Perahu Karet dan diturunkan ke dasar laut oleh para penyelam sesuai dengan titik yang sudah ditentukan,” ujarnya.

Penurunan media transpalantasi terumbu karang ini memang membutuhkan proses yang tidak mudah karena dibutuhkan keterampilan khusus. Dalam penyelaman dan pemasangan di dasar laut harus memperhatikan arus bawah laut yang sewaktu-waktu bisa berubah.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Muhammad Nursam


Comment

Loading...