Pelindo IV Tetapkan Zona Karantina 2 Mil dari Pelabuhan

Rabu, 4 Maret 2020 14:17

Perwakilan Pelindo IV, Kartika Kadir saat menghadiri rapat dengar pendapat di DPRD Sulsel. (fajar/mirsan)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR– Otoritas pengelola Pelabuhan Soekarno-Hatta Makassar, PT Pelindo IV memperketat arus bongkar muat barang dan penumpang. Hal ini dilakukan untuk mencegah penyebaran virus corona (CoVid-19).

Perwakilan humas Pelindo IV, Kartika Kadir menyebutkan, Pelindo IV menetapkan zona karantina sejauh 2 mil dari dermaga untuk setiap kapal penumpang dan barang yang hendak sandar. Setelah dinyatakan bebas virus corona, baru mereka diizinkan berlabuh.

“Pihak KKP (Kantor Kesehatan Pelabuhan) dan balai karantina akan boarding ke atas kapal untuk memeriksa ABK dan penumpang yang ada di atas kapal. Sebelum kami dapat surat pernyataan dari KKP dan karantina, pandu tidak akan naik ke kapal untuk menyandarkan ke dermaga,” katanya di Kantor DPRD Sulsel, Rabu (04/03/2020).

Tak hanya itu, rekam jejak kapal juga akan diperiksa oleh Pelindo. Tak tanggung-tanggung, Pelindo meminta data 10 pelabuhan terakhir yang dikunjungi kapal yang akan berlabuh. Baik pelabuhan dalam negeri, terlebih jika kapal tersebut berlayar keluar negeri.

Khusus di area pelabuhan, Pelindo IV telah menempatkan alat deteksi suhu (termoscanner). Setiap petugas operasional, selain Alat Pelindung Diri (APD) yang wajib dikenakan. Sekarang mereka diminta menggunakan masker.

“Kami memasang beberapa hand sanitaiser di beberapa area pelabuhan. Kami sudah melakukan sosialisasi terkait prosedur penanganan dan pencegahan virus corona bersama KKP dengan melibatkan seluruh stakeholder pelabuhan hingga masyarakat sekitar,” jelasnya.

Bagikan berita ini:
8
6
4
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar