Performa De Jong Menurun Bersama Messi, Koeman “Sindir” Pelatih Barcelona

Frenkie de Jong/Getty Images

FAJAR.CO.ID, BARCELONA—Frenkie de Jong tak mampu menunjukkan performa terbaiknya di Barcelona sejak bergabung bersama Lionel Messi dan kawan-kawan musim panas lalu. Meski tampil rutin, ia nyaris tidak bisa memperlihatkan skill terbaiknya.

Pelatih Tim Nasional Belanda, Ronald Koeman menyebut, perbedaan kualitas yang ditunjukkan De Jong bersama De Orenje dan klub sebelumnya, Ajax Amsterdam disebabkan penempatan posisi di Camp Nou. Ia mengatakan posisi bermain De Jong tak sama seperti di Ajax maupun timnas.

Namun, Koeman menegaskan bahwa itu hak pelatih Barca. Ia sendiri tetap bersyukur bahwa sang gelandang masih tetap menjadi pilihan utama Raksasa Catalan di bawah pelatih Ernesto Valverde maupun Quique Setien.

“Hal yang positif adalah dia memainkan banyak permainan, tetapi dia bermain di posisi yang berbeda dengan yang dulu. Baik di Ajax maupun di tim nasional dia tidak bermain di posisi itu, tapi itu keputusan pelatih,” ujar Koeman dikutip oleh MARCA.

Legenda Barca itu juga yakin bahwa De Jong akan terus berkembang sebagai pemain di Camp Nou. “Dia pemain yang masih sangat muda dan Anda belajar banyak hal dari bermain game. Dia bermain berbeda dengan saya di tim nasional,” ujarnya.

Koeman juga mengungkapkan soal pergantian pelatih Barca dimana dirinya sempat ditawari menggantikan Valverde. Barcelona menurutnya menghubungi dia namun menolak untuk meninggalkan timnas Belanda.

“Ya, mereka mengontak saya beberapa minggu yang lalu. Saya mengatakan tidak kepada Barcelona karena saya bersama tim nasional (Belanda). Itu bukan saatnya untuk pergi,” bebernya. (amr)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Amir

Comment

Loading...