Bawaslu Peringatkan Soal Netralitas ASN

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – – Guna memastikan netralitas aparatur sipil negara (ASN) dalam Pilkada 2020 ini, Bawaslu Makassar bekerja sama Komisi ASN (KASN) akan menggelar sosialisasi netralitas ASN pada Senin, 9 Maret mendatang.

Ketua Bawaslu Makassar, Nur Sari menyampaikan pihaknya bahkan ditunjuk sebagai tuan rumah pelaksanaan Public Campaign bekerja sama KASN. Skalanya dibuat besar, sebab yang menjadi peserta adalah seluruh anggota Bawaslu yang berpilkada di 12 kabupaten kota di Sulsel, plus dari KTI hingga bahkan Banten.

“Pertemuan ini dihadiri termasuk dari Sulbar, Manado, seluruh KTI plus Banten. Bawaslu, Sekda, Inspektorat dan seluruh stakeholder terkait diundang hadir,” kata Nur Sari, Kamis, 5 Maret. Acara sendiri dimulai dengan gelaran Public Campaign pada helatan Car Free Day (CFD) pada hari Minggu, disusul kegiatan lanjutan melibatkan seluruh stakeholder pilkada pada hari Senin.

Nur Sari menyampaikan kepentingan mereka, agar seluruh ASN memahami tupoksinya, tidak menjadi bahagian tim pemenangan dan terlibat politik praktis dalam helatan pilkada semacam ini. Soal penunjukan Makassar sebagai tuan rumah, diakui tak lepas dari pengalaman pada dua pilwalkot sebelumnya yakni pada 2018 dan 2019 ditemukan banyak pelanggaran dari ASN. Imbasnya, sejumlah ASN di Makassar mendapat rekomendasi dengan berbagai tingkatan dari KASN. (nur/fajar)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Hamsah Umar

Comment

Loading...