Ini Riwayat Perjalanan Pasien yang Diisolasi RS Wahidin

Jumat, 6 Maret 2020 11:47

Kasubag Humas RSUP Wahidin Sudirohusodo Makassar, Dewi Rizki Nurmala (jilbab biru, berkaca mata).

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Beredar informasi soal beberapa tanaman dapat menghindari seseorang dari serangan virus corona.

Tanaman yang dimaksud seperti daun kelor dan jahe. Namun kedua tanaman yang biasa kita jumpai di pasar ini, belum dapat dipercaya bisa aman dari virus tersebut.

Kasubag Humas RSUP Wahidin Sudirohusodo, Dewi Rizki Nurmala enggan berkomentar banyak soal kebenaran itu.

“Belum pernah ada tinjauan atau penelitian yang mendukung itu. Jadi kami tidak bisa menyimpulkan sebuah asumsi bahwa ini (daun kelor dan jahe) bisa menyembuhkan,” katanya, Jumat (6/3/2020).

Meski begitu, salah satu pasiennya yang diduga terinfeksi virus corona telah dilakukan isolasi oleh pihak rumah sakit.

Kata Dewi, dia tidak bisa memberikan informasi soal identitas pasien tersebut, yang kini masih dilakukan perawatan dan pemantauan di rumah isolasi.

Pasien itu sempat berkunjung ke luar negeri. Kemudian transit ke Malaysia. Setelah itu, pasien tersebut mengalami batuk dan demam. Dari situ, pasien itu diduga terinfeksi virus corona. Virus mematikan dari Kota Wuhan, China.

“Sedang dalam perawatan. Seperti biasa sesuai, dengan prosedur dokter melakukan pemeriksaan dan hasilnya sementara ditunggu. Jadi yang sudah diambil itu pemeriksaan laboratorium, radiologi, dan swab,” ujarnya.

“Memang harus diisolasi. Karena dia dalam pemantauan. Dia sebenarnya sehat-sehat kok. Dia hanya demam kemudian batuk itu saja makanya diambil swabnya,” sambung Dewi. (agus/fajar)

Bagikan berita ini:
3
3
6
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar