Smart City, Seperti Ini Pandangan Pj Wali Kota Makassar

Jumat, 6 Maret 2020 14:31

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Mendorong Kota Makassar menjadi kota cerdas, tentu menjadi hal yang cukup menggembirakan. Pasalnya dari segi infrastruktur tidak menjadi masalah, mengingat Makassar memiliki banyak infrastruktur.

Pj Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb mengaku infrastruktur di Kota Makassar bukan hal yang harus dipermasalahkan, melainkan minset dan kesadaran masyarakat Kota Makassar yang harus ditingkatkan.

“Memang kalau kita berbicara tentang transformasi digital untuk tingkat kota seperti Makassar, lebih banyak kita harus mengedukasi masyarakat, kan di smart peoplenya yang mau kita tingkatkan,” ucap Iqbal, Jumat (4/3).

Menurutnya, perlunya tingkat kesadaran masyarakat berpartisipasi dalam kebijakan pemerintah maupun peningkatan pembangunan di Kota Makassar.

“Makanya ini yang mau kita bangun di Makassar bagaimana mencerdaskan masyarakat, supaya tingkat kesadaran makin tinggi, serta turut memberikan masukan peningkatan pembangunan di Kota Makassar,” lanjutnya.

Iqbal menyebut, smart city bisa dibangun di daerah seperti kompleks perumahan. Di antaranya perumahan Unhas, perumahan UMI, bahkan Citra Land. Di perumahan seperti ini pendidikan dan kesadaran masyarakat cukup tinggi.

“Kita bikin komunitas yang dimana masyarakatnya cukup homogen,” katanya.

Ia berharap masyarakat yang tinggal di beberapa kompleks dan perumahan tersebut bisa memberikan contoh kepada masyarakat maupun pemerintah.

“Nah itu tadi kita maunya dari kampus yang inisiasi, memberikan percontohan bagi pemerintah dan masyarakat karena mereka lebih mudah dan lebih homogen termasuk dosen itu.” tutupnya Pj Wali Kota Makassar. (qyswanty/fajar)

Bagikan berita ini:
10
1
1
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar