Tak Mau Ribet Cari Penginapan? Ini Tips Booking Hotel Via Online

FAJAR.CO.ID -- Booking hotel merupakan salah satu hal wajib yang harus dilakukan sebelum pergi berlibur ke luar kota. Dan yang lebih menguntungkan lagi, sekarang booking kamar hotel sudah bisa dipesan lewat aplikasi online.

Jadi, Anda tidak perlu repot untuk reservasi hotel secara langsung. Dengan kemudahan ini, bagi Anda yang hobi travelling sudah pasti sangat dimudahkan. Meskipun Anda sedang sibuk sekalipun, Anda tetap bisa menyiapkan rencana traveling dengan mudah. Dalam aplikasi yang menyediakan layanan booking kamar hotel online, sudah dilengkapi dengan harga dan fasilitas dari kamar hotel yang ditawarkan. Nah, bagi Anda yang sedang mencari hotel, booking hotel bisa jadi pilihan terbaik yang lebih hemat waktu dan tenaga.

Ketika musim liburan telah tiba, maka bagi traveller harus pintar-pintar mengatur rencana travellingnya. Sudah bisa dipastikan kalau musim liburan hampir semua hotel pasti akan di-booking. Tujuannya juga sudah pasti agar mereka bisa beristirahat dengan nyaman setelah melakukan kegiatan liburannya. Oleh karena itu, salah satu cara untuk menyiasati agar selama musim liburan Anda tetap bisa mendapatkan kamar hotel adalah dengan booking hotel via online jauh-jauh hari sebelumnya. Selain itu, ada beberapa tips yang bisa dicoba bagi Anda yang ingin booking kamar hotel agar tidak akan menimbulkan masalah nantinya. Simak informasinya berikut ini:

  • Booking Hotel Pada Aplikasi Online yang Terpercaya

 Situs online yang menyediakan layanan booking kamar hotel sangat banyak di Indonesia. Penawaran yang diberikan oleh masing-masing aplikasi bisa membuat Anda tertarik untuk memesannya. Namun jika Anda tidak ingin mengambil risiko, maka pastikan untuk memilih aplikasi terpercaya atau yang sudah umum dipakai di Indonesia. Karena jika memesan via online, jika ada risiko penipuan yang akan menanggung kerugiannya adalah Anda sendiri.

  • Perhatikan Aturan Pemesanan Secara Pasti

Ketika Anda sedang booking kamar hotel online pastikan bahwa aturan pemesanannya sudah Anda baca dan simak dengan baik-baik. Pastikan soal cara pembayarannya. Apakah data kartu kredit yang Anda input hanya dipakai sebagai konfirmasi pemesanan dan uang akan diberikan langsung saat Anda check in di hotel tempat menginap nanti atau ada juga yang langsung memotong uang Anda langsung. Selain itu, pastikan jika Anda melakukan pembatalan pemesanan uang akan kembali atau tidak. Dan juga ketika Anda memesan hotel untuk dipakai menginap bersama keluarga dan anak-anak pastikan bahwa hotel tersebut memiliki fasilitas tempat bermain untuk anak-anak.

  • Bandingkan Harga Hotel yang Ditawarkan

Kelebihan dari booking kamar hotel secara online adalah dapat membandingkan harga untuk hotel yang sama. Maka dari itu, sebelum Anda memastikan untuk sering-sering memeriksa layanan pemesanan hotel online pada aplikasi Anda. Sehingga Anda bisa mendapatkan hotel dengan fasilitas bagus dengan harga yang lebih murah.

  • Jangan Menganggap Sepele Testimoni

Jika Anda harus bekerja ke luar kota atau untuk pergi berlibur pastikan untuk memesan hotel yang sudah terpercaya pelayanannya. Selain itu, Anda juga bisa membaca testimoni dari para tamu hotel yang sudah pernah menginap di hotel tersebut. Meskipun pada aplikasi pemesanan hotel sudah disertakan informasi terkait fasilitas dan penawaran yang akan ditawarkan di sana. Dengan membaca testimoni, Anda bisa mengetahui apakah informasi yang diberikan dari hotel sesuai dengan keadaan aslinya atau tidak.

  • Periksa Laporan Booking Hotel Anda

Kalau sudah selesai booking pastikan Anda sering mengecek status pemesanan di hotel yang dipilih. Tujuannya agar terhindar dari pembatalan sepihak atau juga terjadi kesalahan saat pengisian data diri. Tentu hal ini akan merepotkan Anda juga pada akhirnya.

Cara Cermat Pilih Hotel Sebelum Di Booking

Sebelumnya membahas tentang tips booking hotel online agar tidak akan ada masalah nanti saat check in untuk menginap. Nah, selanjutnya akan membahas bagaimana memilih hotel yang cermat sebelum dipesan untuk menginap selama liburan.

Jika ini baru pertama kalinya Anda memesan hotel, maka informasi berikut ini akan membantu Anda untuk memilih hotel yang tepat dan sesuai kebutuhan sebelum akhirnya Anda booking.

Memilih hotel bagi beberapa orang adalah hal sepele dan bisa dipilih dimana saja asalkan bisa dipakai untuk menginap. Namun pernyataan tersebut tidak sepenuhnya benar. Apalagi bagi Anda yang sedang liburan, maka hotel yang dipilih harus benar-benar bisa membuat Anda nyaman untuk beristirahat memulihkan tenaga yang sudah habis untuk kegiatan liburan. Untuk Anda yang memiliki kepentingan bisnis, maka pilih hotel yang dilengkapi dengan fasilitas business centre seperti jaringan internet, mesin fax, komputer atau juga tempat khusus yang bisa dipakai untuk rapat kerja. Berikut ini beberapa hal yang bisa dipertimbangkan sebelum memilih hotel tersebut untuk di-booking:

  • Harga

Pastinya sebelum pergi berlibur Anda sudah menyiapkan budget untuk akomodasi selama liburan, termasuk juga budget yang dipakai untuk memesan hotel. Hal yang harus dipertimbangkan adalah pilih harga hotel yang sesuai dengan budget yang dimiliki. Jangan sampai memilih harga diluar kemampuan dan akan membuat rencana liburan tidak dapat terwujudkan. Karena dengan menekan budget hotel, maka Anda akan memiliki budget ekstra yang bisa dipakai untuk wisata kuliner, biaya transportasi selama liburan atau explore tempat wisata yang lebih banyak. Selain itu juga, di aplikasi juga sudah disediakan tools untuk membandingkan harga untuk hotel yang sama. Dan tentunya hal itu lebih memudahkan Anda untuk mencari hotel yang sesuai budget.

  • Lokasi

Pemilihan lokasi hotel sebisa mungkin dipilih pada lokasi yang strategis. Maksud strategis di sini adalah lokasi hotel mudah untuk dijangkau dan dekat dengan lokasi tujuan liburan Anda. Pastikan juga hotel tersebut mudah mendapatkan akses transportasi dan tidak berada pada kawasan hitam atau kawasan kumuh, dekat hiburan malam dan kurang terjamin keamanannya.

  • Fasilitas

Fasilitas adalah hal yang tidak boleh terlewat untuk diperhatikan. Cari tahu fasilitas yang disediakan sedetail mungkin. Untuk fasilitas kamar, pastikan apa fasilitas yang disediakan sesuai dengan kebutuhan Anda atau ada beberapa barang yang harus dibawa sendiri. Apakah ada fasilitas spa, restoran, kolam renang atau pusat kebugaran yang bisa dimanfaatkan selama di hotel. Khusus bagi Anda yang membawa anak-anak, pastikan terdapat fasilitas untuk bermain anak agar bisa nyaman selama menginap. 

  • Rekomendasi

Semakin banyak yang direkomendasikan, maka pelayanan dari hotel tersebut bisa dijamin sangat baik. Anda bisa menanyakan kepada teman, keluarga atau rekan kerja yang pernah berlibur ke daerah yang Anda kunjungi, dimana hotel yang dekat dengan lokasi tujuan dan pelayanannya bagus. Dengan begitu Anda tidak perlu bingung untuk mencari hotel untuk menginap di sana.

Jangan Pernah Melakukan Hal Ini Selama Menginap di Hotel!

Bagi beberapa orang menginap di hotel sudah menjadi hal biasa dan rasanya seperti berada di rumah kedua. Namun ada juga beberapa orang yang baru pertama kali merasakan menginap di hotel. Jadi, Anda termasuk tim yang mana? Berada di tim manapun tidak akan terjadi apa-apa. Namun dalam beberapa hal, orang yang baru pertama kali menginap di hotel akan mudah sekali ditebak hanya dari tingkah lakunya. Wajar saja hal ini terjadi karena memang baru pertama kali. Oleh karena itu, ada beberapa hal yang bisa Anda simak di bawah ini agar nanti tidak terlihat memalukan saat menginap di hotel pertama kalinya.

  • Mengambil Menu Sarapan Dalam Jumlah Banyak

Sarapan merupakan salah satu fasilitas yang ditawarkan di setiap hotel. Menu yang diberikan pun sangat beragam. Bisa berupa makanan nasional atau juga makanan internasional. Dan tidak jarang membuat tamu hotel yang belum terbiasa dengan hal itu menjadi kalap untuk menyantap semua hidangan yang disajikan. Memang tidak ada batasan harus berapa yang diambil. Namun sebaiknya ambil sarapan secukupnya dan jangan sering bolak-balik dari meja makan ke stand makanan untuk menambah sarapan karena hal itu dapat membuat Anda terlihat sekali baru pertama kali sarapan di hotel.

  • Panik Hotel Key Card Tidak Bisa Membuka Pintu Kamar 

Di zaman yang serba canggih ini, penggunaan kartu sebagai alat untuk mengunci pintu sudah bukan hal asing lagi. Saat Anda check in hotel, maka resepsionis akan memberi Anda hotel key card kamar Anda. Jika Anda belum terbiasa dengan model kunci kamar seperti itu, pastikan untuk bertanya bagaimana cara mengoperasikannya kepada resepsionis atau petugas hotel. Jika tidak ingin terlihat kalau baru pertama kali, Anda bisa membaca cara mengoperasikannya di bagian belakang kartu dan jangan panik saat lampu sensor tidak menyala hijau. Anda harus rileks dan coba sekali lagi dengan memastikan kalau kode dalam hotel key card bisa terbaca dengan tepat di sensor pintu.

  • Membuat Gaduh Karena Terlalu Senang

Sama halnya dengan di rumah, saat menginap di hotel juga harus ada toleransi satu sama lain. Jangan sampai karena Anda terlalu senang hingga melupakan kalau yang menginap di sana bukan hanya Anda seorang. Jika memang ada yang terganggu dengan kegaduhan yang Anda buat dengan mengetuk pintu kamar, sebaiknya segera meminta maaf dan jangan diulangi lagi kesalahannya.

  • Membawa Pulang Barang Hotel

Ada beberapa fasilitas yang diberikan karena sepaket dengan harga hotel yang ditawarkan. Seperti toiletries, sandal hotel atau bungkusan teh dan kopi memang bisa Anda bawa pulang saat check out dari hotel nanti. Namun beberapa orang menganggap hal itu sebagai hal yang aneh dilakukan. Apalagi kalau sampai membawa bantal hotel, handuk hotel dan fasilitas lain yang terlihat mencolok dan akhirnya ketahuan petugas hotel tentu akan sangat aneh dan memalukan sekali.

  • Memperlihatkan Kekaguman Berlebihan

Banyak hotel yang memiliki dekorasi menawan, unik atau mewah untuk menandakan bahwa itu adalah ciri khas mereka. Bagi yang baru pertama kali ke hotel, ketika baru masuk lobby hotel pasti akan takjub dengan semua dekorasi dan fasilitas yang disediakan. Belum lagi nanti perjalanan menuju kamar hotel dari lobby mungkin akan ada beberapa hal yang akan membuat lebih takjub lagi. Sehingga memperlihatkan rasa kagum secara spontan adalah hal yang wajar.

Namun sebaiknya Anda bersikap normal agar tidak dianggap terlalu kampungan. Cobalah bersikap seperti orang yang sering menginap di hotel meskipun dalam hati Anda sangat kagum dengan apa yang Anda lihat di dalam hotel tersebut. (rls)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Muhammad Nursam

Comment

Loading...