Messi tak Lagi Ajaib, Haaland Calon Kuat Peraih Sepatu Emas Eropa

Lionel Messi meraih Ballon d'Or 2019/Francois Mori/AP

FAJAR.CO.ID, BARCELONA—Mantan kiper Argentina, Hugo Gatti memberikan penilaian terkininya terkait kapten Barcelona, Lionel Messi. Ia mengatakan, Messi yang mengantongi enam Ballon d’Or bukan lagi pemain ajaib seperti dulu.

“Saya tidak peduli jika mereka mengkritik saya di Argentina. Messi adalah sebuah fenomena, tetapi dia bukan fenomena sekarang. Mereka memperlakukannya dengan salah. Dia terbiasa dan berjalan lebih banyak di lapangan. Dia harus lebih baik,” kata Gatti pada El Chiringuito dikutip dari MARCA.

“Messi harus lebih baik, dia terbiasa bermain dengan ritme yang melelahkan. Ketika ada pemain seperti Messi, seperti halnya dengan Maradona dan Pele, rekan satu timnya selalu memberikan bola kepadanya untuk memenangkan pertandingan,” lanjutnya.

Gatti sendiri menyebut itu sebagai kesalahan. Menurutnya, dengan bola terfokus pada satu sosok, potensi klub tidak akan tergali secara maksimal. “Mereka merusak tim. Tim terbiasa memberinya bola dan bukan orang lain,” tandasnya.

Musim ini, Messi baru mencetak 18 gol di La Liga. Itu membuat dia hanya menempati posisi keenam dalam perebutan Sepatu Emas Eropa. Di atas Messi ada Ciro Immobile, Robert Lewandowski, Erling Haaland, Cristiano Ronaldo, dan Timo Werner.

Saat ini, Immobile memimpin daftar top skor Eropa dengan 27 gol. Disusul Lewandowski dengan 25 gol. Erling Haaland, penyerang fenomenal berusia 19 tahun milik Borussia Dortmund di posisi ketiga.

Meski juga sudah mencetak 25 gol, Haaland baru mengoleksi poin 42 karena perhitungan poinnya lebih rendah ketika ia masih bermain di RB Salzburg. Jumlah poin Haaland sama seperti Ronaldo yang sudah mengoleksi 21 gol bersama Juventus musim ini.

Namun, Haaland diprediksi bisa mengejar kedua pesaingnya dan meraih Sepatu Emas Eropa tahun ini. Seperti diketahui, Haaland saat ini total sudah mencetak sembilan gol di Bundesliga hanya dalam tujuh pertandingan saja.

Dengan semakin banyaknya menit bermain serta kerjasama yang semakin bagus dengan rekan setim barunya, ia diyakini akan semakin tajam hingga akhir musim. Berikut poin sementara calon peraih Sepatu Emas Eropa yang tahun lalu dimenangkan Lionel Messi:

Ciro Immobile (Lazio) – 54 poin / 27 gol
Robert Lewandowski (Bayern Munchen) – 50 poin / 25 gol
Erling Haaland (Borussia Dortmund) – 42 poin / 25 gol
Cristiano Ronaldo (Juventus) – 42 poin / 21 gol
Timo Werner (Leipzig) – 42 poin / 21 gol
Kylian Mbappe (PSG) – 36 poin / 18 gol
Lionel Messi (Barcelona) – 36 poin / 18 gol. (amr)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Amir

Comment

Loading...