Program Merdeka Belajar, Disdik Sulsel Fokus Peningkatan Kompetensi Guru

Sabtu, 7 Maret 2020 22:19

Pendidikan Sulsel, M Basri. (Foto: Mirsan/FAJAR)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Dinas Pendidikan Sulsel mulai melakukan beberapa persiapan dalam rangka pelaksanaan program Merdeka Belajar yang dicanangkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim.

Pelaksana tugas Kepala Dinas Pendidikan Sulsel, M Basri, mengatakan, pihaknya sudah beberapa kali melakukan sosialisasi terkait program baru Kemendikbud tersebut. Salah satunya mengumpulkan para kepala sekolah SMA dan SMK. 

“Kalau saya yang paling penting dipersiapkan adalah kompetensi guru, merubah paradigma pembelajaram dari pendekatan klasikal ke individu,” kata Basri saat ditemui Fajar.co.id di Kampus STIE Makassar Maju, Jl Perintis Kemerdekaan, Sabtu (7/3/2020).

“Contoh dalam kelas ada 30 orang, mereka ini kan siswa bermacam-macam dengan karakter, bakat, potensi yang berbeda-beda. Guru tidak boleh memaksakan keinginannya terhadap semua siswa, harus dideteksi dulu satu-satu,” lanjut Basri.

Basri menyebutkan program Merdeka Belajar sangat baik, karena memberikan ruang kepada sekolah dan guru untuk berkreasi dan berinovasi dalam pembelajaran. Asalkan sesuai dengan konten yang ada di sekolah.

“Guru bisa merancang sendiri RPP-nya. Kalau dulu lembaran RPP itu banyak sekali nanti sisa satu atau dua lembar. Sekarang ini sudah ada contoh manajemen berbasis sekolah, guru dan kepala sekolah punya kewenangan untuk melakukan perubahan pembelajaram dan manajemen sekolah sesuai dengan kebutuhan,” sebut Basri. 

Sekretaris Daerah Sulsel, Abdul Hayat Gani menambahkan setiap individu di sekolah baik tenaga pendidik, tenaga kependidikan dan siswa harus sudah beradaptasi dengan program baru tersebut.

Bagikan berita ini:
5
1
2
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar