Pengerjaan Tol Layang Pettarani Rampung 60 Persen, BBPJN Bongkar JPO

Progres pembangunan Tol Layang Pettarani saat diabadikan Minggu (7/3/2020). FOTO: IDHAM AMA/FAJAR

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) XIII Makassar mulai membongkar Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) yang ada di Jl AP Pettarani, tepatnya di depan Toko Ramayana.

Pembongkaran ini dilakukan karena pemasangan box girder proyek Jalan Tol Layang AP Pettarani telah memasuki area tersebut. Nantinya, BBPJN XIII akan mengganti JPO ini dengan pelican crossing atau pedestarian light controlled.

"Sementara kita lakukan pembongkaran, sejak beberapa waktu lalu sudah dipasang spanduk penyampaian ke masyarakat. Kita lakukan di saat malam agar tidak menganggu arus lalu lintas," kata Kepala BBPJN XIII Makassar, Miftachul Munir, Minggu (8/3/2020).

Direktur PT Bosowa Marga Nusantara (BMN), Anwar Toha, menambahkan, saat ini proses pengerjaan Jalan Tol Layang AP Pettarani sudah sekitar 60 persen.

Pemasangan box girder sudah berada di posisi tengah antara pertigaan Jl Boulevard hingga pertigaan Jl Pengayoman. Tak hanya itu, akses keluar masuk tol sementara dirampungkan.

"Kita sudah berkoordinasi dengan BBPJN dan Dishub untuk membongkar JPO tersebut. Termasuk penutupan pertigaan Jl Boulevard dan Pengayoman," tambah Anwar.

Diketahui bahwa proyek ini dikerjakan oleh PT Wijaya Karya (Wika) sebagai pemenang tender proyek milik PT Bosowa Marga Nusantara (BMN). Proyek sepanjang 4,3 Km ini total anggarannya sebesar Rp2,2 triliun. (mirsan)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Muhammad Nursam


Comment

Loading...