Musrenbang Anak, Bupati : Mereka Bukan Lagi Obyek Pembangunan

Senin, 9 Maret 2020 17:33

FAJAR.CO.ID, SINJAI – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sinjai menggelar Musrenbang Anak di Gedung Pertemuan Sinjai, Senin (9/3/20).

Kegiatan ini diikuti perwakilan anak dari berbagai sekolah, forum anak, penyandang disabilitas dan kelompok pendidikan non formal, serta didampingi oleh fasilitator forum anak.

Kepala Bappeda Sinjai, A. Ilham Abubakar mengatakan, tujuan kegiatan ini adalah untuk mendorong partisipasi anak dalam pembangunan daerah dan menjadi wadah penyaluran aspirasi bagi anak, yang akan menjadi bahan masukan Pemerintah Daerah didalam penyusunan Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) tahun 2021.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Sulsel Hj. Sarlina Nur mengatakan, bahwa kegiatan musrenbang anak ini sangat penting sebab dari 34 persen jumlah penduduk daerah adalah anak-anak, yang merupakan calon tulang punggung dan harapan kita bersama.

“Anak-anak sekarang sudah bisa membantu OPD paling tidak apa yang mereka punya masukan untuk membantu OPD dalam mempersiapkan program yang akan dirancang. Mereka punya forum anak yang dapat menyerukan apa yang mereka butuhkan,” tandasnya.

Bupati Sinjai Andi Seto Asapa yang membuka kegiatan ini menyampaikan, musrembang anak ini merupakan bentuk pemenuhan hak dasar dalam konvensi hak anak khususnya hak berpartisipasi, menyatakan pendapat dalam segala hal yang mempengaruhi anak, dan menjadi kesempatan bagi anak untuk memberikan ide yang bermanfaat bagi pembangunan.

Bagikan berita ini:
3
6
8
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar