Segini Emas yang Digunakan Kawali Mangkau Patappulo Panre

Senin, 9 Maret 2020 19:58

Penggagas Kawali Mangkau Alfian T Anugrah menunjukkan salah satu kelihaiannya dalam membuat badik seimbang. Sekarang dia...

FAJAR.CO.ID, WATAMPONE– Kawali Mangkau Patappulo Panre atau badik yang dibuat oleh 40 Panre Bessi akan dibaluti dengan banyak emas.

Badik persembahan sakral dalam Hari Jadi Bone ke 690 nanti itu sementara dikerjakan sekarang. Badik itu harus selesai pada 5 April mendatang. Malam Jumat. Sebelum hari jadi Bone yang ke 690 pada 6 April.

Penggagas Kawali Mangkau Alfian T Anugrah mengatakan, ada banyak emas nanti dalam benda pusaka yang akan disimpan di Arajang tersebut. Mulai dari Pangulu (gagangnya) dari gigi hiu harganga Rp8,5 juta. Itu dikerja di Madura. Nanti perpaduan emas.

Kallasa (Cincinnya) juga berbahan dari emas. Wanua (warangka) dipesan emas semua. 100 gram emas. Sepatunya dari emas. Biaya ukirnya itu sekira Rp10 juta. “Total emas yang akan dipakai dalam badik itu 150 gram emas,” katanya kepada FAJAR, Senin (9/3/2020).

Alfian sapaan karibnya mengaku bahwa, Badik itu juga memiliki empat unsur. Angin, Api, Air, dan Udara. Serta empat arah angin yang dikuasai menjadi satu. “Memang ini badik baru, dengan bahan yang bagus dan menjadi satu jenis badik. Dulu kita hanya kenal badik raja, gecong. Mangkau jenis barunya,” ungkap lelaki yang gemar memakai topi itu. (gun)

Ketgam: Penggagas Kawali Mangkau Alfian T Anugrah menunjukkan salah satu kelihaiannya dalam membuat badik seimbang. Sekarang dia mengagas buat badik untuk persembahan Hari Jadi Bone ke 690. (FOTO: AGUNG PRAMONO/FAJAR)

Bagikan berita ini:
1
1
9
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar