DPT Pilwakot Makassar Diprediksi Tembus Satu Juta

Selasa, 10 Maret 2020 13:06

Komisioner Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, SDM dan Partisipasi Pemilih KPU Makassar, Endang Sari. (Instagram KPU...

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR— Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar memprediksi total Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilwalkot Makassar 2020 sudah berada di atas satu juta orang.

Hal ini mengacu pada DPT Pilpres 2019 sebesar 967.950 orang. Ini kemudian ditambah dengan potensi pemilih tambahan baik pemilih pemula atau warga yang belum masuk DPT tahun 2019 lalu.

“Kemarin waktu Pemilu 2019 ada 75 ribu yang masuk DPT khusus. Yaitu warga yang memilih menggunakan KTP Makassar dan tidak masuk dalam DPT kita,” kata Komisioner Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, SDM dan Partisipasi Pemilih KPU Makassar, Endang Sari melalui sambungan telepon, Selasa (10/03/2020).

Khusus pemilih pemula, atau penduduk yang baru berusia 17 tahun saat hari pencoblosan nanti. KPU Makassar memprediksi jumlahnya mencapai 91 ribu.

“Kalau ini dijumlahkan semuanya akan mencapai satu juta lebih. Ini masih akan kita lakukan pemutakhiran data bersama data dari Disdukcapil,” jelasnya.

Untuk proses pemutakhiran data ini, KPU Makassar tengah mengembangkan sebuah aplikasi elektronik. Aplikasi tersebut dinamakan E-Coklit, yang bakal difungsikan saat KPU menggelar pencocokan dan penelitian data pemilih di Pilkada Makassar 2020.

Aplikasi E-Coklit kemungkinan akan diperkenalkan bulan Maret ini. Sebab, Panitia Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) akan mulai menggunakannya pada tahapan coklit pada bulan April mendatang. (Mirsan)

Bagikan berita ini:
4
4
6
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar