Fakta Leg 2 Babak 16 Besar Liga Champions Leipzig vs Tottenham: Tamu Tak Pernah Kalah

Liga Champions/UEFA

FAJAR.CO.ID, LEIPZIG—Leg kedua babak 16 besar Liga Champions antara RB Leipzig dan Tottenham Hotspur akan berlangsung di Red Bull Arena, Rabu, 11 Maret, dinihari nanti. Setelah menang 1-0 di leg pertama, Leipzig hanya butuh hasil imbang untuk lolos ke delapan besar.

Namun, itu tentu tidak akan mudah. Spurs juga punya ambisi sama. Sebagai finalis musim lalu, mereka berharap bisa membalikkan keadaan di Jerman dan lolos ke perempatf final. Ambisi itu cukup masuk akal jika melihat rekor tandang mereka di fase ini.

Berikut data dan fakta kedua klub dikutip dari UEFA.com:

LEIPZIG
Leipzig memenangkan enam dari 13 pertandingan Liga Champions mereka (imbang 3, kalah 4).

Kemenangan atas Zenit adalah satu-satunya kemenangan Leipzig dalam empat pertandingan kandang terakhir mereka di Eropa (imbang 2, kalah 1).

Rekor Leipzig dalam enam pertandingan kandang Liga Champions adalah 2 menang, 2 imbang, dan 2 kalah.

Menghadapi Tottenham di London adalah pertandingan Eropa pertama Leipzig melawan klub Inggris.

Rekor Leipzig dalam pertandingan sistem gugur Eropa adalah menang 5, kalah 1. Kekalahan dari Marseille pada 2017/18 merupakan satu-satunya kekalahan mereka. (1-0 kandang, 2-5 tandang).

Ini adalah kedua kalinya Leipzig menang di leg pertama dalam kompetisi UEFA. Mereka menang 3-1 di Napoli di babak 32 Liga Eropa UEFA 2017/18 yang menjadi pertandingan sistem gugur pertama mereka. Saat itu, mereka lolos dengan keunggulan gol tandang meski kalah 2-0 di kandang.

Leipzig belum pernah melakoni adu penalti di kompetisi Eropa.

TOTTENHAM
Ini adalah kali keempat Tottenham bermain di babak 16 besar Liga Champions dan mereka tak terkalahkan dalam tiga laga tandang sebelumnya.

Sukses menyingkirkan Dortmund musim lalu di tahap ini membuat rekor Spurs dalam laga dua leg melawan klub Jerman adalah menang 5, kalah 3.

Rekor Tottenham di Jerman adalah menang 5, imbang 2, kalah 7. Kekalahan di Bayern pada fase grup adalah yang kedua dalam tujuh kunjungan terakhir mereka (menang 3, imbang 2).

Tottenham tersingkir di tiga kesempatan awal mereka di kompetisi Eropa ketika mereka kalah pada leg pertama di kandang. Tetapi musim lalu, mereka bisa membalikkan keadaan di markas Ajax.

Tottenham tidak pernah kalah di leg kedua setelah kalah pada leg pertama di kandang.

Rekor adu penalti Tottenham di kompetisi Eropa adalah 1 menang, 2 kalah:
4-3 v Anderlecht, Final Piala UEFA 1983/84
5-6 v PSV Eindhoven, 2007/08 babak 16 besar Piala UEFA
1-4 v Basel, perempat final Liga Europa 2012/13. (amr)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Amir

Comment

Loading...