Hadapi Korona, TNI AU Gandeng KKP Lakukan Simulasi Penanganan Covid-19

Selasa, 10 Maret 2020 20:03

FAJAR.CO.ID, MAROS— Sebanyak 550 prajurit TNI Angkatan Udara (AU) dilibatkan dalam latihan satuan tingkat Lanud Sultan Hasanuddin dengan sandi Sriti Gesit 2020. Dimana latihan satuan tingkat ini bertujuan untuk menguji kesiapan satuan-satuan yang ada di Lanud Sultan Hasanuddin.

Salah satu kegiatan puncaknya pada hari terakhir berupa latihan pengintaian udara. Dimana Pesawat Boing 737 yang melanggar hukum di wilayah udara Indonesia dikarenakan pesawat mengalami kerusakan peralatan navigasi. Selanjutnya unsur Pangkalan Lanud Sultan Hasanuddin melaksanakan scramble untuk mendarat di Pangkalan terdekat dengan pengawalan dua pesawat Sukhoi 27/30 dari Skadron Udara 11 Lanud Sultan Hasanuddin.

Setelah di identifikasi Pesawat tersebut membawa penumpang dan crew, yang disinyalir terinfeksi virus corona. Akhirnya pesawat mendarat di Pangkalan Lanud Sultan Hasanuddin Makassar. Tim medis dari Rumah Sakit Dody Sardjoto Lanud Sultan Hasanuddin bekerja sama dari Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Makassar bergegas melakukan sterilisasi pesawat dan seluruh penumpang dengan cara mengidentifikasi daftar pelaku, awak/personel, penumpang sesuai devinisi operasioal penanganan pesawat udara/penumpang dilanjutkan pemeriksaan suhu menggunakan Thermal Scaner, pemberian HAC para penumpang, awak pesawat serta komunikasi resiko yang ditimbulkan.

Simak video selengkapnya hanya di kanal Youtube FAJAR NATIONAL NETWORK!

Bagikan berita ini:
7
10
3
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar