Jelang UN, KPU Makassar Gencar Sosialisasi ke Pemilih Pemula

Sosialisasi Pilwakot Makassar yang dilakukan KPU Makassar di sekolah. (Instagram KPU Makassar)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR– Potensi pemilih pemula di Pilwalkot Makassar sangat besar. KPU mencatat sekitar 91 ribu akan menjadi DPT tambahan, mereka ini adalah warga Makassar yang memasuki usia 17 tahun.

Komisioner KPU Makassar Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, SDM dan Partisipasi Pemilih, Endang Sari mengatakan secara umum pemilih pemula ini tengah menempuh pendidikan di jenjang SMA sederajat.

“Mereka saat ini rata-rata duduk di kelas tiga. Makanya minggu ini kita fokus sosialisasi dan pendidikan pemilih di SMA yang ada di 15 kecamatan,” kata Endang kepada Fajar.co.id, Selasa (10/03/2020).

Sosialisasi ini kata Endang dilakukan sebelum siswa kelas tiga mengikuti Ujian Nasional (UN). Pihaknya berharap pemilih pemula ini bisa ikut terlibat dalam Pilwakot Makassar.

“Mulai dari mengawal setiap tahapan yang sedang berjalan, memantau dan mengawasi serta ikut berpartisipasi aktif hingga nanti menggunakan hak pilihnya saat Pilkada,” ucap Endang.

Tak hanya sosialisasi langsung, KPU Makassar juga memaksimalkan penggunaan media sosial (Medsos) untuk menggaet kaum milenial. KPU Makassar melalui akun Facebook dan Instagram secara rutin menyampaikan tahapan Pilkada yang sedang berjalan.

Di medsos pula, KPU Makassar berusaha menanggapi setiap pernyataan terkait pelaksanaan Pilwalkot. Utamanya dari kaum milenial Makassar (30 tahun ke bawah) yang jumlahnya sekitar 30 persen dari total DPT tahun 2019. (Mirsan)

Komentar

Loading...