Minimalisir Kecurangan, KASN Luncurkan Aplikasi SIPINTER.

Selasa, 10 Maret 2020 23:46

Peluncuran aplikasi SIPINTER

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR, — Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) menyerahkan aplikasi Sistem Informasi Penilaian Mandiri Penerapan Sistem Merit (SIPINTER) kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel, di Ruang Pola Kantor Gubernur Sulsel, Selasa (10/03/2020).

Kegiatan tersebut demi mewujudkan Aparatur Sipil Negara (ASN) bebas Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN).

Ketua KASN, Agus Pramusinto, menjelaskan bahwa hadirnya sistem merit di ruang lingkup pemerintahan akan berperan besar dalam menekan kasus KKN. Sehingga, praktik KKN sendiri dapat ditekan secara perlahan.

Dalam urusan penerapannya, Indonesia masih masih tertinggal dari negara lain. “Negara lain telah lebih dulu menerapkan sistem tersebut dalam pemerintahannya,” ungkapnya.

Lebih lanjut, aplikasi tersebut juga mampu membuat ASN menjadi fokus dalam melakukan pelayanan kepada masyarakat,kata dia.

Ia berharap, dengan aplikasi ini, tidak ada lagi praktik-praktik kecurangan. “Semua semakin terbuka, orang tidak lagi merasa ada pagar sodara. Seperti, promosi dan mutasi ada gambaran KKN masih terjadi,”ungkapnya.

Sementara itu, Asisten I Pemprov Sulsel, Andi Aslam Patonangi menjelaskan jika pemerintah saat ini tengah perlahan untuk berbenah. Dengan sistem merit tersebut, ia menyebut bahwa pemerintah telah mewujudkan sistem keterbukaan.

“Kita sudah lakukan sistem cat CPNS, sistem terbuka, penilaian pegawai, sasaran kinerja pegawai (SKP) itu sudah online, keterbukaan informasi,” katanya. (Iqbal)

Bagikan berita ini:
4
5
7
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar