Navigasi Rusak, Pesawat Boeing 737 Langgar Wilayah Udara

Pangkalan Udara (Lanud) Sultan Hasanuddin akhirnya melaksanakan scramble, Selasa 10 Maret 2020.

FAJAR.CO.ID,MAROS — Sebuah pesawat Boeing 737 melakukan pelanggaran wilayah udara disebabkan kerusakan navigasi dan berpotensi mengancam keamanan wilayah udara Indonesia terpaksa didaratkan di Pangkalan Udara (Lanud) Sultan Hasanuddin, Selasa, 10 Maret.

Unsur Pangkalan Udara (Lanud) Sultan Hasanuddin akhirnya melaksanakan scramble untuk mendarat di Pangkalan terdekat dengan pengawalan dua pesawat Sukhoi 27/30 dari Skadron Udara 11 Lanud Sultan Hasanuddin

Ironisnya lagi saat di identifikasi ternyata pesawat tersebut membawa penumpang dan crew, yang disinyalir terinfeksi virus korona atau Covid-19.

Sehingga saat pesawat mendarat di Pangkalan Lanud Sultan Hasanuddin Makassar, tim medis dari Rumah Sakit Dody Sardjoto Lanud Sultan Hasanuddin bekerja sama dari Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Makassar segera dikerahkan untuk melakukan sterilisasi pesawat serta dilakukan identifikasi daftar penumpang, awak pesawat. Juga pemeriksaan suhu menggunakan Thermal Scanner dan pemberian HAC kepada penumpang dan awak pesawat serta komunikasi resiko yang ditimbulkan.

Bahkan seorang penumpang yang dicurigai terinfeksi virus korona terpaksa diangkut menggunakan Isolation Chambers dari atas pesawat menuju ambulans milik KKP.

Rangkaian kegiatan diatas merupakan bagian dari simulasi yang dilakukan Lanud Sultan Hasanuddin dalam latihan satuan Seriti Gesit 2020.

Kadukes Rumah sakit Dody Sardjoto yang mewakil Kepala Rumah Sakit TNI AU Dody Sardjoto Lanud Sultan Hasanuddin, Mayor Sumarno mengatakan pihaknya sengaja memilih tema virus Corona ini mengingat pesawat Boeing 737 ini pernah digunakan mengevakuasi penumpang dari China ke Natuna.

KONTEN BERSPONSOR

loading...

Komentar

Loading...