Bagaimana Nasib Piala Eropa 2020?

Rabu, 11 Maret 2020 11:31

Foto: EPA

FAJAR.CO.ID, ROMA—Virus corona yang menyebar dengan cepat membuat sejumlah even olahraga akbar batal digelar. Khusus sepakbola, beberapa pertandingan harus tertunda atau digelar di stadion tertutup.

Lalu bagaimana dengan Piala Eropa 2020 yang akan berlangsung musim panas mendatang? Ada kekhawatiran bahwa pesta sepakbola se tanah Eropa itu kemungkinan juga akan terganggu.

Apalagi, Italia yang kini menjadi negara dengan dampak terparah juga menjadi salah satu tuan rumah. Bahkan, upacara pembukaan akan dilaksanakan di Stadio Olimpico di Roma. Dan sejauh ini, Pemerintah Italia sudah mengumumkan zona merah di seluruh wilayah terkait penyebaran virus corona.

Italia adalah negara terparah dalam hal kasus COVID-19 di luar China. Hingga malam tadi, sudah lebih dari 10.000 kasus positif yang ditemukan. Sementara jumlah kematian sudah mencapai 631 kasus. Sebagian besar dari para korban berada di wilayah Lombardy, yang meliputi Milan.

Namun, menurut surat kabar Spanyol AS sebagaimana dikutip dari Football Italia, UEFA dalam laporan mereka menyebutkan bahwa belum ada pembicaraan terkait rencana penundaan. Menurut AS, UEFA menolak permintaan untuk menunda Euro 2020 ini. Penyakit ini sendiri menyebar dengan cepat di seluruh Eropa dan Amerika Serikat. Dengan Serie A ditangguhkan hingga 3 April, berita bahwa pertandingan Prancis, Spanyol, Portugis, dan Jerman juga akan dimainkan secara tertutup, ada kekhawatiran yang berkembang musim ini tidak akan bisa selesai tepat waktu. Meskipun ada wacana dari beberapa negara sekarang untuk menunda Euro 2020 karena tidak yakin even ini tepat dimulai tanggal 12 Juni mendatang, atau bahkan memindahkannya ke musim panas berikutnya, UEFA tetap bersikeras akan menggelar turnamen ini sesuai rencana. (amr)

Bagikan berita ini:
3
4
8
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar